Sukses

Cara Mengembangkan Kecerdasan Moral si Kecil Sejak Dini

Kecerdasan moral merupakan kemampuan untuk membedakan benar dan salah. Bagaimana cara mengembangkan kecerdasan moral si Kecil sejak dini?

Klikdokter.com, Jakarta Kecerdasan moral merupakan kemampuan seseorang untuk dapat memahami tuntutan yang ada di lingkungannya, mengetahui apa yang baik atau buruk untuk dilakukan dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana Bunda dapat berperan aktif dalam hal ini? Berikut beberapa hal yang bisa diterapkan:

  1. Menjadi contoh moral yang baik Pepatah mengatakan bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Serupa dengan konsep ini, si Kecil akan cenderung mengikuti perilaku yang diterapkan oleh orangtuanya. Dengan menerapkan perilaku bermoral baik, hal ini dapat menjadi panutan yang baik untuk diikuti oleh si Kecil.
  2. Menggunakan momen sehari-hari bersama si KecilDalam aktivitas sehari-hari bersama si Kecil, terkadang terdapat momen yang layak untuk dibahas terkait dengan moral. Bunda dapat memanfaatkan momen tersebut.Diskusikan dengan si Kecil mengenai hal yang terjadi, atau bagaimana perasaannya menghadapi hal tersebut serta sikap yang baik untuk diterapkan. Hal ini dapat membantu dalam mengembangkan pemahaman moral yang kuat.
  3. Melatih sikap yang baikMendidik si Kecil untuk bersikap baik dapat melibatkan berbagai komponen. Selain menjadi contoh yang baik, Bunda dapat mengajarkan pada si Kecil mengenai dampak yang dialami oleh orang lain atau lingkungan akibat perilakunya.Melakukan hal ini dapat membantu si Kecil menempatkan diri dalam posisi orang lain dan menjadi lebih sensitif terhadap dampak dari perbuatannya.Bunda dapat memuji perilaku baik yang dilakukan oleh si Kecil, dengan begitu si Kecil akan lebih percaya diri melakukan hal-hal baik. Misalnya, saat ia berbagi mainan dengan temannya atau menolong temannya yang terjatuh. Pujilah dan dukunglah perilaku baiknya.

Melatih kecerdasan si Kecil merupakan hal penting untuk membantu mereka tumbuh menjadi kepribadian yang baik. Selain itu, si Kecil dengan kecerdasan moral yang baik pun cenderung menunjukkan performa pendidikan dan hubungan interpersonal yang baik.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar