Diet dan Nutrisi

5 Alasan Mengapa Anda Harus Sarapan

dr. Karin Wiradarma, 23 Agu 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Masih malas untuk sarapan? Berikut alasan mengapa Anda harus makan sebelum memulai aktivitas.

5 Alasan Mengapa Anda Harus Sarapan

Para ahli mengatakan bahwa sarapan adalah menu makanan yang paling penting dalam sehari. Pendapat tersebut tidaklah salah. Begitu pentingnya sarapan sampai-sampai ada pepatah yang mengatakan, “Sarapan pagi seperti raja, makan siang seperti pangeran, dan makan malam seperti pengemis”.

Tak dimungkiri, sarapan setiap hari dapat membawa banyak manfaat bagi tubuh. Sebaliknya, sering bolos sarapan dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Inilah beberapa alasan mengapa Anda harus rutin sarapan:

1. Gizi Lengkap

Mereka yang rutin sarapan setiap pagi dapat memperoleh asupan gizi yang lebih lengkap ketimbang orang yang sering absen sarapan. Menu sarapan dapat menyumbang nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya.

2. Tambahan Energi

Sarapan yang dikonsumsi dapat menjadi bekal energi bagi Anda untuk memulai hari dan beraktivitas, hingga akhirnya menyantap makan siang. Tak heran bila orang yang tidak sarapan cenderung lebih mudah lemas, mengantuk, dan sulit berkonsentrasi.

3. Badan Ideal

Mungkin banyak yang belum tahu, diet justru dapat lebih berhasil jika Anda teratur sarapan setiap hari. Kebalikannya, sering bolos sarapan berisiko membuat berat badan semakin bertambah.

4. Lebih Cerdas

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang rutin sarapan memiliki konsentrasi, daya ingat, stamina, dan nilai matematika yang lebih baik ketimbang anak-anak yang jarang sarapan.

5. Terhindar dari Penyakit

Banyak studi menunjukkan bahwa jika sering mangkir sarapan, risiko terkena berbagai penyakit mematikan dapat meningkat. Sebut saja kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Melihat segudang manfaat tersebut, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak sarapan . Yuk, mulai rencanakan menu sarapan yang enak dan sehat untuk Anda sekeluarga.

[RS/ RH]

sarapan pagiManfaat SarapanSarapan

Konsultasi Dokter Terkait