Sukses

5 Cara Mengajarkan si Kecil Bersyukur

Mengajarkan si Kecil bersyukur perlu dilakukan sejak dini. Bagaimana caranya agar maknanya mudah dimengerti?

Klikdokter.com, Jakarta Terkadang ada hal sederhana yang terlupakan dalam pendidikan si Kecil. Salah satunya mengajarkan si Kecil bersyukur.

Bisa dimengerti, orang tua pun kadang bingung bagaimana harus mengajarkan hal tersebut pada si Kecil. Ada yang takut si Kecil salah tangkap atau mungkin ingin si Kecil belajar dengan sendirinya.

Untuk mendidik si Kecil bersyukur, Bunda bisa mengawalinya dengan cara-cara sederhana. Berikut di antaranya:

  1. Jadilah contoh yang baik bagi si Kecil. Bunda memliki peranan yang paling besar dalam membimbing si Kecil. Apa pun yang dilakukan oleh Bunda akan selalu dilihat dan diperhatikan si Kecil. Alangkah baiknya jika dapat menjadi panutan terutama dalam hal bersyukur.

  2. Mengenalkan yang perlu disyukuri. Selalu komunikasikan keadaan seperti apa yang patut disyukuri dimulai dari hal kecil. Bersyukur atas keluarga yang penuh cinta, bersyukur dapat menikmati makanan yang enak, bersyukur dalam keadaan sehat, dan sebagainya.

  3. Ajarkan sopan santun. Ajaklah si Kecil untuk selalu membiasakan diri berterima kasih kepada siapa pun, sehingga mereka dapat bersyukur atas apa yang telah diberikan.

  4. Libatkan dalam urusan sosial seperti beramal. Jika Bunda sedang ada kegiatan beramal, jangan lupa untuk mengajak si Kecil. Ini dapat menjadi kesempatan bagi si Kecil untuk belajar bersyukur. si Kecil akan menyadari bahwa memberi pada sesama yang kekurangan adalah salah satu cara terbaik untuk berterima kasih pada hidup.

  5. Mendidik lewat stimulasi atau permainan. Hal ini dapat diterapkan dengan melakukan permainan kata, seperti harus selalu mengucapkan “terima kasih” dan kata-kata positif lainnya. Bunda juga dapat mengajak si Kecil untuk menulis daftar lima sampai sepuluh hal yang si Kecil syukuri pada hari itu, setiap harinya.

Mari ajarkan si Kecil bersyukur sejak dini. Dengan bimbingan yang sabar, si Kecil akan mengerti makna bersyukur dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Ingat juga bahwa si Kecil selalu mengikuti apa yang dilakukan oleh Bunda. Jadi, sudahkah Bunda bersyukur hari ini?

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar