Sukses

Dukungan Suami di Trimester Pertama Kehamilan

Kehamilan akan mengubah hidup seorang wanita, baik secara fisik maupun emosional. Karena itu, dukungan suami sangat diperlukan.

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan merupakan masa transisi besar dalam hidup seorang wanita. Fase ini akan mengubah hidup seorang wanita, baik secara fisik maupun emosional. Pada trimester pertama kehamilan terjadi beberapa perubahan pada tubuh wanita hamil.

Umumnya di awal kehamilan, wanita hamil akan merasa cepat lelah. Hal ini terjadi karena tubuh sedang beradaptasi dengan kehamilan. Wanita hamil mungkin merasa ingin tidur lebih lama. Setelah itu energinya akan kembali lagi di trimester kedua.

Gejala lain yang juga sering muncul di awal kehamilan adalah morning sickness atau mual muntah. Gejala ini disebabkan oleh hormon kehamilan. Makanan atau bau tertentu lebih mudah memicu rasa mual. Keluhan ini umumnya juga akan membaik setelah mencapai trimester dua.

Perubahan lain yang mungkin muncul di trimester pertama adalah:

  • Sering berkemih

    Pada akhir trimester pertama, gejala ini sering terjadi oleh karena ukuran rahim yang semakin membesar, sehingga mendesak kandung kemih yang terletak didepan rahim.
  • Perubahan suasana hati

    Wanita hamil mungkin akan mengalami perubahan suasana hati, mudah lupa, atau sulit berkonsentasi. Perubahan suasana hati (mood swings) disebabkan oleh perubahan hormonal yang memengaruhi neurotransmitter (zat kimia di dalam otak), perubahan metabolisme, kelelahan, dan variasi perasaan yang jelang menjadi orang tua.

Setiap orang memiliki respon yang bervariasi terhadap perubahan tersebut. Sebagian besar perubahan suasana hati ini mencapai puncaknya pada usia kehamilan 6–10 minggu. Setelah itu akan berkurang pada trimester dua kehamilan, tetapi muncul kembali pada akhir kehamilan menjelang persalinan.

  • Konstipasi

    Hormon kehamilan menyebabkan proses pencernaan makanan menjadi lebih lambat agar penyerapan nutrisi di usus berlangsung lebih lama. Namun hal tersebut juga menyebabkan keluhan konstipasi pada wanita hamil.

Karena beberapa perubahan pada wanita hamil tersebut, dukungan ayah baik secara fisik maupun emosional selama kehamilan sangat penting. Berikut ini beberapa dukungan yang bisa suami berikan untuk istri yang sedang hamil, yaitu:

  • Datang bersama saat kontrol kehamilan
  • Membantu dalam mengambil keputusan selama kehamilan
  • Memberikan semangat, dukungan, dan menenangkan istri
  • Komunikasi yang baik, misal dengan menanyakan apa yang dibutuhkan, dirasakan dan diinginkan
  • Tunjukkan kasih sayang dengan memberikan pelukan dan bergandengan tangan
  • Dukung istri untuk bergaya hidup sehat dengan makan sehat seimbang dan olahraga teratur bersama.

Selain itu, suami dapat memberikan dukungan fisik berupa membantu pekerjaan rumah dan tidak merokok di sekitar istri. Memijat punggung atau kaki istri juga dapat membantu mengurangi rasa pegal yang dirasakan selama kehamilan.

Demikian tadi beberapa dukungan yang bisa suami berikan untuk istri yang sedang hamil. Dukungan suami tentu sangat memberikan banyak manfaat dan membahagiakan ibu hamil, sehingga proses kehamilan pun berjalan dengan lancar.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar