Jantung

Kiat Makan Enak Tanpa Takut Kolesterol Melonjak

dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA, 22 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Dengan kiat ini, Anda dapat tetap makan enak tanpa takut kolesterol melonjak.

Kiat Makan Enak Tanpa Takut Kolesterol Melonjak

Saat ini, semakin banyak orang yang enggan makan enak. Salah satu alasan yang sering didengungkan adalah kekhawatiran kolesterol melonjak. Adakah solusi akan hal ini?

Tenang, tidak perlu gundah. Sebenarnya, makan enak tidak melulu bikin kolesterol melonjak. Asalkan Anda memerhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Bahan makanan

Ikan laut adalah makanan enak nan sehat. Salmon, tuna, dan sarden adalah jenis ikan laut yang mengandung banyak omega-3, sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Selain ikan laut, berbagai jenis sayuran dan buah-buahan juga merupakan makanan enak yang baik dan penuh nutrisi. Anda disarankan untuk memilih sayuran dan buah yang mengandung plant stanol ester, sehingga kadar kolesterol jahat di dalam tubuh tidak meningkat.

2. Cara pengolahan

Hindari berbagai makanan yang digoreng. Sebaliknya, konsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, kukus, atau panggang. Berbagai jenis ikan bakar pun sangat nikmat disantap bersama sayuran yang direbus, sambal atau kecap, dan nasi merah. Dada ayam panggang atau rebus yang diolah bersama bawang putih juga tak kalah nikmat bila dipadu dengan rempah khas nusantara untuk memperkaya rasa tanpa perlu tambahan garam atau MSG.

3. Perhatikan porsi dan waktu makan

Meski makanan dan cara pengolahannya sehat, Anda tetap harus memerhatikan porsi dan waktu. Karena pada dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan.

Apalagi ini menyangkut makanan, di mana jika dikonsumsi terlalu banyak dan dalam waktu yang tidak teratur dapat meningkatkan kadar kalori, lemak, dan kolesterol.

Dengan kiat di atas, niscaya Anda dapat tetap makan enak tanpa takut kolesterol melonjak. Mulai saat ini, ucapkan selamat tinggal pada makanan yang menyiksa jiwa dan raga Anda.

(NB/ RH)

makananKolesterolMakanan Enak

Konsultasi Dokter Terkait