Sukses

Kiat Makan Enak Tanpa Takut Kolesterol Melonjak

Dengan kiat ini, Anda dapat tetap makan enak tanpa takut kolesterol melonjak.

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini, semakin banyak orang yang enggan makan enak. Salah satu alasan yang sering didengungkan adalah kekhawatiran kolesterol melonjak. Adakah solusi akan hal ini?

Tenang, tidak perlu gundah. Sebenarnya, makan enak tidak melulu bikin kolesterol melonjak. Asalkan Anda memerhatikan hal-hal di bawah ini:

  1. Bahan makanan

    Ikan laut adalah makanan enak nan sehat. Salmon, tuna, dan sarden adalah jenis ikan laut yang mengandung banyak omega-3, sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

    Selain ikan laut, berbagai jenis sayuran dan buah-buahan juga merupakan makanan enak yang baik dan penuh nutrisi. Anda disarankan untuk memilih sayuran dan buah yang mengandung plant stanol ester, sehingga kadar kolesterol jahat di dalam

    tubuh tidak meningkat.

  2. Cara pengolahan

    Hindari berbagai makanan yang digoreng. Sebaliknya, konsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, kukus, atau panggang.

    Berbagai jenis ikan bakar pun sangat nikmat disantap bersama sayuran yang direbus, sambal atau kecap, dan nasi merah. Dada ayam panggang atau rebus yang diolah bersama bawang putih juga tak kalah nikmat bila dipadu dengan rempah khas nusantara untuk memperkaya rasa tanpa perlu tambahan garam atau MSG.

  3. Perhatikan porsi dan waktu makan

    Meski makanan dan cara pengolahannya sehat, Anda tetap harus memerhatikan porsi dan waktu. Karena pada dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan.

Apalagi ini menyangkut makanan, di mana jika dikonsumsi terlalu banyak dan dalam waktu yang tidak teratur dapat meningkatkan kadar kalori, lemak, dan kolesterol.

Dengan kiat di atas, niscaya Anda dapat tetap makan enak tanpa takut kolesterol melonjak. Mulai saat ini, ucapkan selamat tinggal pada makanan yang menyiksa jiwa dan raga Anda.

(NB/ RH)

1 Komentar

  • Reki Ahmad Subagja

    dok selain ikan laut yang tertera diatas,kira2 ikan air tawar atau jenis ikan laut lainnya masih bisa dikonsumsi buat penderita kolestrol ga si dok?terimakasih