Sehat dan Bugar

3 Alasan Mengapa Anda Harus Cuci Tangan Pakai Sabun

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 17 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Cuci tangan pakai sabun adalah cara terbaik untuk mencegah Anda dan keluarga dari ancaman kuman penyakit.

3 Alasan Mengapa Anda Harus Cuci Tangan Pakai Sabun

Cuci tangan adalah kegiatan penting, yang kerap dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan air mengalir, hand sanitizer, hingga menggunakan sabun. Nah, di antara cara dan metode tersebut, hanya satu yang paling direkomendasikan oleh medis. Anda tahu yang mana?

Ya. Metode yang paling direkomendasikan oleh medis adalah cuci tangan pakai sabun. Apa saja alasannya:

1. Membunuh lebih banyak kuman

Daripada hanya mencuci tangan dengan air bersih, riset medis menunjukan bahwa penggunaan sabun dengan air terbukti lebih efektif dalam membasmi kuman atau bakteri berbahaya yang menempel pada kulit.

2. Membersihkan kotoran lebih efektif

Cuci tangan pakai sabun telah dibuktikan dapat membersihkan kotoran lebih efektif. Dengan demikian, risiko kuman atau bakteri berbahaya masuk ke dalam tubuh akan semakin kecil.

3. Mujarab melarutkan kotoran minyak

Cuci tangan pakai sabun adalah cara paling efektif untuk menghilangkan sisa kotoran minyak atau lemak yang tertinggal. Dengan demikian, tangan Anda akan bersih dan terlindungi dari bakteri maupun kuman penyebab penyakit.

Sudah tahu ‘kan mengapa Anda harus cuci tangan pakai sabun? Yuk, tanamkan kebiasaan baik ini dari sekarang. Bukan hanya Anda, keluarga pun akan terlindung dari penyakit akibat kuman di tangan.

(NB/MFW)

Cuci tangankumanMencuci Tangan Pakai Sabun

Konsultasi Dokter Terkait