Jantung

5 Gerakan Senam Jantung Sehat di Kantor

dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA, 06 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Senam jantung sehat akan membantu jantung Anda tetap kuat sampai tua.

5 Gerakan Senam Jantung Sehat di Kantor

Pernah mencoba senam jantung sehat? Jika belum, sekali-kali Anda bisa mempraktikannya di rumah ataupun kantor.

Sangatlah penting untuk aktif bergerak setiap harinya. American Heart Association menganjurkan untuk berolahraga rutin—seperti berenang, bersepeda atau jogging—tiga puluh menit sehari, sebanyak lima kali seminggu.

Karena jika makan tidak terkontrol dan jarang berolahraga, Anda bisa berisiko mengalami kegemukan bahkan obesitas. Hal ini kemudian dapat berujung pada penyakit jantung koroner dan penyakit lainnya.

Sebuah penelitian menyebutkan, gaya hidup sehat dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 40%.

Jika Anda sangat sibuk sehingga tidak bisa pergi ke gym, ada alternatif lain. Berolahragalah di kantor Anda sendiri. Siapkan baju ganti dan handuk dari rumah.

Olahraga

1. Naik turun tangga. Anda bisa melakukan ini selama 15 menit sebelum gerakan selanjutnya. Kombinasinya adalah lima sampai sepuluh anak tangga naik, lalu lima sampai sepuluh anak tangga turun dengan jeda waktu istirahat 5 detik. Ulangi sekali lagi. (Jika kondisi lutut Anda masih baik dan usia Anda di bawah 65 tahun, latihan ini dapat menjadi pilihan.)

2. Lakukan gerakan seperti di bawah ini secara bergantian. Durasinya 2 sampai 5 menit, dengan istirahat tiap 2 menit selama 10 detik

Gerakan selanjutnya

3. Anda bisa melakukan gerakan di bawah ini dengan menambahkan satu buku tebal, yang juga berguna untuk melatih otot lengan dan pundak. Durasinya 5 menit dengan istirahat tiap 1 menit jika memakai beban

Selanjutnya

4. Setelah tiga gerakan di atas, lakukan latihan seperti di bawah ini sementara tubuh bagian atas lebih rileks.

Gerakan Berikutnya

5. Selanjutnya lakukan gerakan di bawah ini (bisa secara bergantian). Seperti gerakan nomor 3, gerakan ini dapat dikombinasikan dengan membawa buku sebagai penambah beban. Durasinya 2 sampai 5 menit, seperti gerakan senam nomor sebelumnya.

Dan Yang Terakhir

Secara umum, gerakan di atas dapat Anda variasikan sendiri agar tidak bosan. Usahakan agar total durasinya mencapai 30 menit. Urutan latihan ini dilakukan agar bagian tubuh dapat bergantian bergerak, sementara bagian lainnya mendapat kesempatan istirahat dengan gerakan yang lebih ringan.

Dengan demikian, Anda dapat menggunakan waktu olahraga secara efisien sambil tetap mempertahankan denyut jantung optimal. Selamat senam jantung sehat!

[RS/MFW]

OlahragaJantung sehatGerakan Senam JantungSenam Jantung

Konsultasi Dokter Terkait