Sukses

Makanan Organik Dapat Cegah Alergi pada Anak?

Benarkah, makanan organik dapat membuat anak Anda terhindar dari alergi? Simak disini.

Klikdokter.com, Jakarta Demi memberikan nutrisi terbaik bagi anaknya, banyak ibu muda yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan makanan atau bahan makanan organik.

Beberapa studi pada manusia menunjukkan hubungan antara konsumsi makanan organik dengan risiko alergi pada bayi dan anak- anak.

Kata organik saat ini memang sedang naik daun. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan proses suatu makanan yang diproduksi tanpa penggunaan zat kimia. Zat yang dimaksud termasuk penyubur sintetis dan pestisida, hormon, antibiotik, pemanis buatan, pengawet, pewarna dan perisa makanan, serta MSG.

Sebuah studi dilakukan pada 14.000 anak usia 5- 13 tahun di lima negara Eropa yang mengonsumsi makanan organik. Hasilnya, terdapat penurunan kemunculan gejala alergi pada anak- anak tersebut.

Sementara studi di Belanda menemukan bahwa hanya konsumsi produk susu organik yang berhubungan dengan turunnya risiko alergi pada anak di bawah 2 tahun. Hubungan ini tidak tampak pada konsumsi daging, buah, sayur dan telur organik.

Perhimpunan Dokter Spesialis Anak di Amerika (American Academy of Pediatrics/ AAP) pun telah menampik berbagai klaim yang menyatakan bahwa makanan organik dapat meningkatkan kualitas kesehatan. Begitu juga dengan klaim yang menyebutkan adanya penurunan risiko penyakit seseorang dalam jangka panjang.

Hingga saat ini memang belum ada bukti langsung pada manusia secara khusus meneliti topik ini. Oleh karena itu, Anda pun tidak perlu memaksakan diri untuk memberi anak Anda makanan organik sebagai bentuk pencegahan alergi.

Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah memenuhi keseimbangan dan kelengkapan zat gizi anak. Mengonsumsi makanan organik tanpa memerhatikan kedua hal tersebut justru dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan anak.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar