Sukses

Begini Komposisi Menu Sarapan yang Ideal

Anda bertekad untuk rutin sarapan setiap hari? Baca komposisi menu sarapan yang tepat berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Berbagai manfaat sarapan telah dibuktikan dalam banyak penelitian. Namun, sarapan tidak cukup hanya mengenyangkan saja. Sarapan juga harus memenuhi kebutuhan gizi. Lalu, bagaimana komposisi menu sarapan yang ideal?

Komposisi Terbaik

Sangat disarankan agar komposisi menu sarapan Anda mengandung tinggi protein dan serat, serta rendah lemak.

Protein bisa Anda dapatkan dari telur, daging rendah lemak, susu, adan yoghurt. Sedangkan serat dapat diperoleh dari buah-buahan dan serealia. Pastikan Anda mengonsumsi 5 gram protein dan 5 gram serat dalam menu sarapan Anda.

Protein sebesar 5 gram, misalnya, bisa Anda peroleh dengan menenggak 125 ml susu atau yoghurt, atau mengonsumsi 1 butir telur. Sementara itu, 5 gram serat bisa didapat dengan mengonsumsi 90 gram (1 gelas) serealia, 1 buah roti gandum, atau 1 buah pisang besar—pilih salah satu.

Untuk yang Sibuk

Tidak ada alasan untuk tidak sarapan. Bahkan bagi Anda sangat sibuk dan harus meninggalkan rumah pagi-pagi buta untuk berangkat kerja, sarapan tak boleh dilupakan.

Bagaimana menyiasatinya? Masukkan sebuah pisang dan sekotak susu kemasan ke dalam tas, dan Anda pun siap berangkat! Ingin ganti menu? Cukup siapkan sebungkus serealia dan sekotak susu kemasan, dan Anda pun dapat menikmati sarapan yang enak sekaligus menyehatkan.

Kini Anda tak hanya tahu bagaimana komposisi sarapan terbaik. Tapi, Anda juga semakin tahu trik untuk mengatasi sempitnya waktu untuk sarapan

1 dari 2 halaman

Mulailah Pagi Hari dengan Energen

Kapan terakhir kali Anda sarapan dengan menu sehat dan berkualitas? Lalu, apa sih kriteria sarapan yang sehat itu?

Sarapan dinilai sehat jika kandungan zat gizinya dapat memenuhi hingga 15%- 30% kebutuhan zat gizi harian dan dikonsumsi sebelum jam 9 pagi.
Sarapan sehat juga mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang penting bagi pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh.

Karena itu, pilihlah menu sarapan yang bergizi seimbang, misalnya nasi disertai sayur dan buah segar. Serealia juga bisa menjadi pilihan tepat, tetapi Anda perlu melihat jumlah kalori dan zat gizinya pada label gizi yang biasa terdapat pada setiap kemasan produk makanan.

Salah satu serealia yang patut dicoba adalah Energen. Ini adalah minuman serbuk serealia yang mengandung karbohidrat, energi, protein, dan sigmavit (vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E, asam folat, dan kalsium).

Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata dan saluran cerna. Sementara itu, vitamin B bagus untuk metabolism energi dan pembentukan jaringan.
Lalu vitamin D berperan membantu pemadatan tulang dengan mengatur kalsium dan fosfor yang ada dalam tubuh. Vitamin E dapat membantu melindungi struktur sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Jadi, pastikan sarapan Anda tidak hanya kenyang, tetapi juga bergizi lengkap, seperti yang ada di dalam Energen.

Energen kini hadir dalam lima pilihan rasa: cokelat, vanila, kacang hijau, jahe, dan rasa jagung. Energen jagung ini dilengkapi dengan bulir jagung asli, Energen kaya serat, dan membuat kenyang lebih lama.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar