Sukses

Bagaimana Anak bisa Terkena Alergi?

Anak Anda bersin saat terkena debu? Atau gatal setelah makan seafood? Bisa jadi ia punya alergi. Ini alasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Anak- anak merupakan kelompok yang paling sering terkena alergi. Karena kerap terjadi tanpa sebab yang jelas, tidak sedikit orangtua yang bertanya-tanya mengapa anaknya bisa mengalami hal ini.

Secara sederhana, alergi adalah reaksi sistem imun yang berlebihan terhadap suatu unsur (alergen). Pada kondisi ini, gejala yang muncul dapat berupa bersin-bersin, batuk, ruam merah pada kulit, gatal-gatal, atau sesak napas.

Penyebab Alergi pada Anak

Salah satu faktor yang menyebabkan anak menderita alergi adalah faktor keturunan (genetik). Dengan kata lain, orangtua dengan riwayat alergi memiliki kemungkinan lebih besar untuk punya anak yang alergi.

Meski demikian, alergi yang dimiliki anak tidak melulu sama dengan yang dimiliki oleh orangtuanya. Misalnya, ibu alergi debu, dengan anak yang alergi susu.

Selain faktor keturunan, alergi pada anak juga bisa terjadi akibat sistem imunitas yang masih belum sempurna. Berita baiknya, alergi jenis ini biasanya akan membaik seiring bertambahnya usia, terutama alergi terkait makanan.

Mencegah Alergi pada Anak

Cara pasti untuk mencegah alergi pada anak masih terus diteliti hingga saat ini. Tindakan terpenting yang harus Anda lakukan adalah memastikan kebutuhan gizi anak terpenuhi dengan baik.

Di samping itu, pastikan juga lingkungan anak terjaga kebersihannya. Jangan lupa untuk mengajarkan anak kebiasaan untuk selalu membersihkan diri atau cuci tangan setelah berkegiatan di luar.

Bila anak Anda alergi, pastikan Anda mengetahui unsur pencetusnya (alergen). Kemudian hindari paparannya sama sekali. Dengan begitu, reaksi alergi tidak akan terjadi pada anak. Sebab pada dasarnya, kalau tidak ada pencetus maka tidak ada reaksi alergi yang akan timbul.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar