Sukses

Benarkah Stres Sebabkan Kolesterol Tinggi?

Stres sering dituding sebagai penyebab dari kadar kolesterol tinggi. Bagaimana pandangan dunia medis?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi masyarakat perkotaan, stres adalah bagian yang sangat sulit dipisahkan. Di satu sisi, stres juga sering dituding sebagai penyebab dari kadar kolesterol tinggi.

Secara prinsip, seseorang pasti akan mengalami stres. Karena ini merupakan respon alamiah ketika seseorang dihadapkan pada tantangan atau kebutuhan yang belum dapat teratasi.

Terkait stres sebabkan kolesterol tinggi, para ahli masih memperdebatkan hal ini. Pasalnya, stres dan kolesterol tinggi memiliki mekanisme yang sangat kompleks.

Studi pada populasi Skandinavia menemukan bahwa orang-orang yang stres memiliki kadar kolesterol baik (HDL) lebih rendah. Orang-orang tersebut juga memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang lebih tinggi.

Studi lain menyebutkan bahwa orang yang memiliki beban pekerjaan berlebih (cikal-bakal stres), mengalami peningkatan kadar kolesterol jahat dan penurunan kadar kolesterol baik.

Namun demikian, hasil dari kedua studi tersebut masih menuai perdebatan di dunia para ahli. Pasalnya, banyak hal yang dapat memengaruhi hubungan keduanya. Misalnya: pola makan sehari-hari, cara menangani stres dan memberi respons terhadap situasi pencetus stres, serta faktor genetik.

Sebagai contoh, seseorang yang stres cenderung mengonsumsi makanan tanpa mengontrol porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi. Selain itu, seseorang yang stresjuga cenderung untuk diam, melamun, dan tidak berolahraga secara rutin.

Pada akhirnya, bobot tubuh makin meningkat, muncul tekanan darah tinggi, dan mengalami gangguan metabolisme gula.Kadar kolesterol pun menjadi tidak terkontrol.

Ya, para ahli memang masih memperdebatkan kaitan antara stres dan kolesterol tinggi.Meski demikian, beberapa langkah ini bisa membantu Anda mencegah agar stres tidak datang. Ini kiatnya:

  • Sediakan waktu untuk berolahraga, setidaknya 3-4 kali dalam seminggu.
  • Utamakan mencari solusi dan mengajak rekan atau teman untuk bersama-sama memecahkan masalah.
  • Jangan menunda pekerjaan.
  • Lakukan hobi Anda.
  • Bila ingin makan enak untuk melepas stres, perhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Sebaiknya Anda juga menghindari jenis makanan yang digoreng dan minuman bersoda.

Jadi, apakah Anda sudah siap terbebas dari ancaman stres dan kadar kolesterol tinggi? Semoga tulisan ini bisa membantu.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar