HomeIbu Dan anakTips Parenting7 Cara Mendidik Anak di Era Globalisasi
Tips Parenting

7 Cara Mendidik Anak di Era Globalisasi

dr. Dyah Novita Anggraini, 13 Mei 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Dalam mendidik anak di era globalisasi ini, dibutuhkan pembentukan karakter serta bimbingan dari Ayah dan Bunda. Yuk, baca selengkapnya soal cara mendidik anak di era globalisasi.

7 Cara Mendidik Anak di Era Globalisasi

Era globalisasi semakin mendekati kita semua. Begitu banyaknya sumber informasi yang bisa didapatkan dengan mudah di era globalisasi ini, dan tentunya dapat menambah pengetahuan anak. Namun, kita juga harus melihat kenyataan bahwa informasi yang sangat banyak ini jika tidak disaring secara benar dapat memberikan dampak negatif kepada anak.

Ayah dan Bunda yang tentunya merupakan orang yang paling terdekat dengan anak diharapkan dapat mendampinginya dengan baik – terutama saat ia menghadapi era globalisasi. Ini merupakan tantangan bagi Ayah dan Bunda dalam mendidik, membesarkan, serta mempersiapkan masa depan anak yang berkualitas.

Berikut beberapa cara bagi Ayah dan Bunda dalam mempersiapkan anak menghadapi era globalisasi:

  1. Ayah dan Bunda harus memberikan contoh yang positif dalam berperilaku kepada anak.
  2. Ayah dan Bunda harus membantu dan memperhatikan cara belajarnya.
  3. Ayah dan Bunda harus memberikan respons kepada setiap perilaku anak. Jika ia berperilaku baik berikan pujian, jika ia berperilaku tidak baik berikan pengertian dan pemahaman kepada anak bahwa hal tersebut tidak baik.
  4. Ayah dan Bunda dapat membantu anak untuk bersosialisasi kepada lingkungan di sekitar rumahnya.
  5. Dampingi anak saat menggunakan gadget.
  6. Dampingi anak saat melihat berita atau menonton film.
  7. Beri pengetahuan mengenai agama kepada anak  sejak dini.

Pendidikan era globalisasi ini lebih menekankan pada pembentukan kepribadian anak – baik secara inteligensi, emosi, sosial juga segi sprilitualitas. Pembentukan pribadi yang siap dan utuh merupakan tantangan menghadapi tuntutan di era globalisasi. Dengan demikian, pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara Ayah dan Bunda, sekolah, serta masyarakat. Ayah dan Bunda, serta tidak lupa pendidik, adalah contoh panutan bagi setiap anak dalam perkembangannya.

Serba-Serbi AnakMendidik Anak Di Era Globalisasi

Konsultasi Dokter Terkait