Sukses

Benarkah Obat Kolesterol Sebabkan Nyeri Otot?

Konon, obat kolesterol dapat sebabkan keluhan nyeri otot bagi orang yang mengonsumsinya. Benarkah?

Sebagian orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi sangat bergantung pada obat kolesterol. Namun sayangnya, obat ini dituding dapat menyebabkan keluhan nyeri otot.

Perlu diketahui, obat kolesterol bukanlah jenis obat-obatan yang didapatkan secara bebas. Namun harus dengan resep dari dokter. Jenis obat kolesterol yang paling sering diresepkan oleh dokter pada pasien dengan kolesterol tinggi adalah statin.

Sama seperti jenis obat pada umumnya, statin juga bisa menimbulkan efek samping. Nah, efek samping dari obat kolesterol golongan statin ini adalah nyeri otot, yang disertai dengan gejala pembengkakan otot.

Nyeri otot akibat efek samping obat kolesterol tersebut bisa terjadi sementara waktu ataupun berkelanjutan. Intensitasnya bisa saja ringan hingga berat dan mengganggu aktivitas.

Apabila merasakan keluhan nyeri otot setelah konsumsi obat kolesterol, segera temui dokter. Dokter akan menanyakan berapa lama Anda mengonsumsi obat kolesterol dan aktivitas fisik yang Anda lakukan. Tujuannya untuk membedakan penyebab nyeri otot yang Anda alami.

Jika nyeri otot yang Anda alami adalah akibat dari obat kolesterol, dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk berhenti mengonsumsi obat tersebut.

Bila keluhan sudah mulai membaik, sebaiknya Anda kembali berkunjung ke dokter untuk evaluasi. Dokter mungkin akan memberikan obat kolesterol dengan dosis awal yang lebih rendah.

Kondisi nyeri otot memang sering terjadi. Baik karena aktivitas fisik yang terlalu berat ataupun sebagai efek samping obat kolesterol. Karena itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati. Sebab, nyeri otot dapat mengganggu kualitas hidup penderitanya.

(NB/ RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar