Sukses

Nyeri di Bagian Tubuh Tertentu, Tanda Kolesterol Tinggi?

Konon, sakit kepala dan leher tegang adalah kondisi yang mengambarkan tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Benarkah?

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi yang dapat berujung pada sakit jantung dan stroke, yang merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Meskipun demikian, kondisi ini sering kali hadir tanpa disertai dengan gejala apa-apa.

Lantas, bagaimana dengan anggapan bahwa sakit kepala dan leher tegang adalah pertanda kolesterol tinggi? Sebenarnya, tidak ada bagian tubuh tertentu yang dapat menjadi pertanda adanya kadar kolesterol yang tinggi.

Kolesterol tinggi pada dasarnya tidak berakibat langsung dengan memberikan tanda atau gejala yang dirasakan secara khas oleh penderitanya. Namun demikian, ada kondisi tertentu yang dilandasi oleh kadar kolesterol tinggi. Apakah kondisi ini adalah sakit kepala, atau justru leher tengang?

Faktanya, tidak ada hubungan langsung antara sakit kepala ataupun leher tegang dengan kadar kolesterol di dalam darah. Sakit kepala dapat terjadi pada orang dengan kolesterol tinggi, ataupun orang dengan kadar kolesterol rendah atau normal.

Untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam darah, sebaiknya periksakan diri Anda di pusat kesehatan terdekat. Jangan menunggu! Bisa saja kolesterol sudah membentuk plak di pembuluh darah jika Anda terlambat mengetahui tingginya kadar kolesterol di dalam darah.

Bila plak sudah terbentuk di pembuluh darah kaki, maka Anda akan merasakan nyeri ketika berjalan. Jika plak tersebut pecah, maka aliran darah kaki atau jari kaki akan berkurang mendadak dan kemungkinan harus di amputasi.

Lain halnya bila plak terbentuk di pembuluh darah jantung. Di saat ini terjadi, maka risiko terjadinya penyakit jantung koroner akan meningkat. Di samping itu, Anda pun akan merasakan gejala berupa sakit dada saat beraktivitas. Terkadang juga disertai dengan dada terasa berat, sesak napas atau mudah lelah. Tak hanya itu, kondisi ini juga akan meningkatkan kematian mendadak akibat serangan jantung, lho!

Perjalanan penyakit akibat kolesterol tinggi tersebut akan diperberat apabila Anda memiliki satu atau lebih kondisi berikut ini:

  • Kencing manis (diabetes mellitus)
  • Darah tinggi
  • Kegemukan
  • Kebiasaan merokok

Mengejutkan, bukan? Jadi, jangan tunggu sampai muncul gejala baru Anda waspada dengan kadar kolesterol di dalam darah. Segera periksakan kolesterol Anda ke pusat kesehatan terdekat.

Ayo, tangkal kolesterol tinggi, tangkal penyakit jantung dan stroke sekarang juga!

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar