Sukses

Olahraga di Kantor, Kenapa Tidak?

Olahraga merupakan aktivitas menyehatkan, karena dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya. Sayangnya, jadwal kerja yang padat membuat banyak orang melupakan olahraga.

Kurang berolahraga turut meningkatkan risiko seseorang untuk menderita serangan jantung atau stroke. Sungguh ironis. Karena penyakit tersebut sebenarnya memiliki faktor risiko yang dapat dicegah atau dikontrol.

Olahraga adalah cara alami dan murah –di samping diet sehat, untuk membantu menjaga tubuh tetap fit. Aktivitas ini juga dapat mencegah kegemukan atau obesitas.

Disebut obesitas jika lingkar pinggang lebih dari 90 cm pada laki-laki dan lebih dari 80 cm pada perempuan. Biasanya obesitas membuat seseorang berisiko memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi, dengan kadar kolesterol baik (HDL) yang cenderung lebih rendah.

Kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Jadi dengan berolahraga, Anda tak hanya terhindar dari kegemukan atau obesitas, tapi juga terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, meskipun Anda sibuk bekerja, olahraga tetap harus dilakukan secara rutin. Pada prinsipnya, Anda harus menyediakan waktu untuk berolahraga, bukan menyisakan waktu untuk olahraga. Karena itu, Anda dituntut untuk pintar-pintar menyiasatinya.

Salah satu jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di kala sibuk adalah senam. Tidak perlu pergi ke pusat kebugaran atau tempat khusus, Anda cukup melakukannya di tempat kerja.

Pilihlah jenis senam yang mudah dilakukan di dalam ruangan. Anda pun bisa berolahraga, bahkan sambil duduk di kursi kerja. Agar tidak bosan dan lebih menyenangkan, ajaklah rekan sekantor untuk melakukannya bersama-sama.

Senam tersebut dapat membantu Anda melepaskan kalori yang berlebihan. Pada akhirnya aktivitas sehat ini akan mengurangi risiko kegemukan, stres dan lainnya.

Senam yang dilakukan selama 15 menit dapat membantu membakar 100-300 kalori. Sedangkan bila Anda ingin membakar sebanyak 600 kalori, lakukanlah senam tersebut selama 15 menit.

Tak hanya itu, senam ini juga bisa membuat Anda terlepas dari ketegangan kerja. Hasilnya Anda lebih produktif dan kreatif dalam bekerja. Anda pun terlihat lebih segar.

Tak perlu merasa aneh ataupun berlebihan ketika Anda olahraga di kantor. Jadilah orang yang mengawali kebiasaan hidup sehat. Toh, tak ada gunanya sukses dalam karir namun tidak bisa menikmatinya dengan badan yang sehat, bukan?

(NB/RH)

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar