Sukses

Jangan Abaikan Sakit Kepala Terus-menerus

Sakit kepala terus-menerus menandakan adanya masalah kesehatan yang serius. Untuk itu, penting bagi Anda untuk waspada dan tidak mengabaikannya.

Sudah berapa lama Anda mengalami sakit kepala? Sakit kepala dapat dipicu oleh berbagai hal, mulai dari kelainan dari dalam kepala itu sendiri (primer), maupun sakit kepala yang diakibatkan oleh faktor dari luar kepala (sekunder).

Sakit kepala ringan biasanya dapat dihilangkan dengan mudah. Misalnya dengan beristirahat cukup, mengonsumsi obat antinyeri, mengontrol tekanan darah, hingga mengelola stres.

Namun, pada beberapa keadaan, sakit kepala bisa datang berulang mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan. Tentu saja hal ini tidak bisa lagi dianggap sepele dan memerlukan pemeriksaan yang intensif.

Berikut adalah enam penyebab sakit kepala terus-menerus:

  1. Migrain

Migrain merupakan salah satu penyebab sakit kepala berkepanjangan. Penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah yang berdenyut. Keluhan lainnya yang bisa terjadi, yaitu pandangan kabur, kesemutan pada kaki, dan sebagainya.

  1. Meningitis

Meningitis merupakan infeksi pada selaput otak yang dapat disebabkan oleh bakteri maupun virus. Seseorang yang menderita meningitis akan mengeluhkan sakit kepala hebat dan muntah. Bahkan jika infeksi sudah lanjut dapat menyebabkan penurunan kesadaran.

  1. Stroke

Terutama pada stroke perdarahan, di mana pembuluh darah pecah atau robek dalam otak. Hal inilah yang bisa memicu sakit kepala pada penderita stroke.

  1. Abses otak

Abses otak adalah adanya kumpulan nanah di dalam otak. Hal ini terjadi akibat adanya infeksi di dalam otak. Penderita abses otak akan mengeluhkan adanya sakit kepala, demam, dan penurunan kesadaran. 

  1. Tumor otak

Diperkirakan 1% penyebab sakit kepala adalah tumor otak dan 30% gejala awal tumor otak adalah sakit kepala. Sifat sakit kepala bervariasi, mulai dari ringan dan hilang timbul hingga berat dan berdenyut –umumnya bertambah berat pada malam hari dan pada saat bangun tidur pagi.

  1. Gangguan pada mata

Berbagai gangguan refraksi pada mata –baik rabun jauh, rabun dekat, glaukoma, kerusakan pada organ mata, dsb. Bila tidak mendapatkan penanganan yang optimal, dapat menjadi pencetus sakit kepala yang berkepanjangan.

Sakit kepala berkepanjangan bisa jadi pertanda adanya suatu penyakit yang mengkhawatirkan. Karena itu, jangan abaikan ketika Anda merasakan sakit kepala yang tidak biasa dan terus-menerus.

[RS/RH]

?Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar