Sukses

Ayo, Ajak Balita Anda Berolahraga!

Siapa bilang anak balita belum perlu berolahraga? Anak, bahkan bayi yang belum dapat berjalan sekalipun, tetap butuh berolahraga sejak dini. Jika demikian, olahraga apa yang dapat dilakukan olehnya?

Menurut Badan Olahraga Nasional Amerika Serikat, anak balita perlu melakukan olahraga selama 30 menit, ditambah dengan minimal satu jam aktivitas fisik setiap harinya. Mungkin tanggapan yang ada di pikiran Anda, “Ah, kan dia masih kecil, apa sudah harus berolahraga?”

Percaya atau tidak, banyak studi mengungkapkan bahwa anak kecil, bahkan bayi, perlu untuk melakukan aktivitas fisik. Dengan bergerak aktif, anak bisa mendapatkan berbagai macam manfaat, mulai dari tidur yang lebih nyenyak, berat badan yang ideal, mood yang lebih bahagia, serta terhindar dari penyakit jantung, kencing manis, dan darah tinggi pada kemudian hari.

Ayo, Mulai Bergerak!

Untuk anak yang masih bayi, Anda dapat menstimulasinya untuk mengangkat kepala, meraih mainan yang berbunyi, tengkurap, berguling, serta menarik atau mendorong mainannya. Jika anak Anda sudah beranjak balita, tersedia lebih banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan bersamanya.

Sering-seringlah mengajak anak ke luar rumah. Entah itu sekadar pergi ke supermarket, pusat perbelanjaan, arena permainan, atau taman di dekat rumah. Biarkan anak berjalan, berlari, melompat, atau mengejar kupu-kupu di taman. Ketika berada di pusat perbelanjaan, biasakan untuk naik melalui tangga ketimbang menggunakan lift.

Sediakan juga mainan yang dapat merangsang aktivitas fisik, seperti sepeda, bola, kok dan raket bulu tangkis, tenis meja, dan lain-lainnya. Agar lebih seru, Anda dapat merancang acara playdate bersama anak-anak dari teman dan kerabat. Semakin ramai, anak pasti lebih bersemangat.

Agar anak mau diajak berolahraga dan bergerak aktif, Anda pun harus menjadi teladan yang baik. Perlihatkan bahwa Anda adalah pribadi yang aktif dan gemar berolahraga. Acara berolahraga bersama keluarga dapat menjadi alternatif pengisi akhir pekan yang menyenangkan.

Terakhir, batasi waktu menonton TV atau bermain gadget maksimal dua jam sehari. Selamat mencoba!

[RS/RH]

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar