Sukses

Tanda-Tanda Persalinan yang Penting Diketahui

Kenali tanda-tanda persalinan ini agar Anda bisa lebih siap dalam menghadapinya.

Semakin mendekati masa persalinan, perasaan khawatir tentu berkecamuk terutama bagi wanita yang baru pertama kali menantikan buah hatinya. Untuk mengurangi rasa cemas tersebut, ada baiknya Anda mengenal tanda-tanda awal persalinan dan proses-proses melahirkan. Agar jika saatnya tiba, Anda sudah mengetahui tahapan yang dilakukan.  

Ada tiga tanda persalinan yang perlu Anda ketahui, yakni:

  • Kontraksi rahim

Kontraksi rahim yang terjadi menjelang persalinan sifatnya teratur, makin kuat, lama dan sering. Kontraksi tersebut mulai terjadi dari usia kehamilan 38 minggu. Awalnya kontraksi terasa sebentar, kemudian akan bertambah sering dan semakin kuat. Lalu, nyeri akibat kontraksi tidak berkurang dengan istirahat.

  • Muncul lendir bercampur bercak darah

Selama hamil, mulut rahim Anda akan ditutupi oleh lendir yang kental. Namun ketika mendekati persalinan, mulut rahim Anda akan membesar dan membuat sumbatan lendir yang terdapat di mulut rahim tersebut terlepas dan keluar melalui vagina. Konsistensi lendir bermacam-macam, mulai dari kenyal sampai kental.

  • Pecah cairan ketuban

Cairan biasanya keluar beberapa saat setelah kontraksi. Tetapi, cairan ketuban bisa keluar sebelum persalinan terjadi. Jika cairan ketuban sudah pecah, segera pergi ke rumah sakit. Cairan ketuban yang normal warnanya jernih dan tidak berbau.

Tanda persalinan lain yang perlu Anda ketahui adalah:

  • Nyeri di daerah selangkangan

Nyeri ini biasanya dirasakan oleh beberapa wanita hamil. Diakibatkan oleh adanya tekanan karena janin sudah turun ke dalam panggul bagian atas.

  • Gerakan bayi sudah semakin melambat

Tidak perlu khawatir jika gerakan bayi Anda di dalam perut dirasakan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Hal ini disebabkan bayi sudah dalam posisi persiapan untuk kelahirannya dan masuk ke dalam pintu atas panggul, sehingga gerakannya tidak selincah sebelumnya. 

Dengan mengetahui tanda-tanda persalinan sejak dini, diharapkan Anda tidak terlalu khawatir saat menghadapinya nanti. Sementara itu, tetaplah jaga asupan harian Anda dan tetap aktif bergerak untuk menjaga agar tubuh fit.  

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar