Sukses

Obat Mujarab untuk Atasi Sakit Lutut

Sakit lutut dapat diatasi sendiri dengan mudah. Langkah-langkahnya pun tidak terlalu sulit. Baca selengkapnya di sini.

Siapa saja bisa terkena gangguan sakit lutut, mulai dari cedera saat berolahraga, gangguan tulang, hingga penurunan kondisi akibat usia. Tapi jangan khawatir. Beberapa kondisi sakit lutut dapat diatasi dengan mudah, sehingga Anda pun bisa cepat pulih dan nyaman dalam beraktivitas. Berita baiknya lagi, hal ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Penanganan di rumah dapat membuat Anda terhindar dari bengkak maupun kekakuan anggota gerak. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda terapkan:

  1. Istirahatkan area yang nyeri

Berhenti atau rehat sebentar dari aktivitas yang bisa menyebabkan sakit lutut Anda bertambah. Ketika sedang beristirahat, Anda dapat mengganjal lutut dengan bantal.

  1. Berikan es batu

Pemberian es batu dapat mencegah atau setidaknya meminimalkan pembengkakan akibat cedera jaringan yang mengenai lutut. Tempelkan es yang sudah dibebat oleh kain pada lutut selama 10 hingga 20 menit, sebanyak 3 kali atau lebih dalam sehari. Dalam 48 hingga 72 jam pertama setelah terjadi cedera, hindari melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan pembengkakan, seperti: mandi air panas, berendam dengan air panas, ataupun minum alkohol. Apabila bengkaknya hilang, tempelkan balsam atau koyok hangat kemudian lakukan gerakan ringan untuk menjaga fleksibilitas sendi.

  1. Kompresi

Membalut lutut yang sakit dengan perban elastis berguna untuk meredakan atau mengurangi bengkak. Jangan membalut terlalut ketat, karena dapat mengakibatkan bengkak yang lebih parah.           

Pemberian obat-obatan antinyeri mungkin berguna pada beberapa kasus. Namun, perlu diingat bahwa pemberian obat antinyeri harus di bawah pengawasan dokter untuk menghindari efek samping

Baca Juga:

0 Komentar

Belum ada komentar