Nyeri Otot & Sendi

Hati-Hati Jika Mengobati Nyeri Ulu Hati

621 views

dr. Muhammad Anwar Irzan

Ditulis oleh:

dr. Muhammad Anwar Irzan

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Mengapa pengobatan nyeri ulu hati harus dilakukan dengan hati-hati? Simak ulasannya berikut ini.


Hati-Hati Jika Mengobati Nyeri Ulu Hati
Hati-Hati Jika Mengobati Nyeri Ulu Hati

Nyeri ulu hati dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari anak remaja hingga orang tua. Keluhan ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Meski demikian, pemicunya yang paling umum adalah karena gangguan lambung.

Nyeri ulu hati adalah nyeri yang berlokasi di perut bagian atas, serta berada tepat di bawah iga. Biasanya keluhan timbul saat orang makan atau berbaring segera setelah makan. Hal ini berhubungan dengan bergeraknya isi lambung ke atas, yang pada akhirnya menimbulkan sensasi nyeri atau terbakar pada lokasi tersebut.

Pengobatan nyeri ulu hati bisa berupa metode yang sederhana hingga kompleks. Terkadang, prosedur yang invasif juga diperlukan untuk memastikan penyebab dari nyeri ulu hati. Salah satunya adalah dengan endoskopi.

Apakah obat-obatan antinyeri dapat bermanfaat untuk nyeri ulu hati? Beberapa golongan obat antinyeri cenderung dapat meningkatkan asam lambung, sehingga keluhan nyeri ulu hati justru malah melonjak. Hal ini tentu sangat tidak nyaman bagi orang yang menderita nyeri ulu hati.

Sementara itu, penggunaan obat lambung seperti penurun asam lambung dapat berguna untuk mengurangi nyeri pada ulu hati. Untuk mencegah kambuhnya nyeri ulu hati, makanlah dengan porsi kecil namun sering. Selain itu, hindari segera berbaring atau beraktivitas setelah makan.

Baca Juga:

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.


Tanya Dokter





©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media