Sukses

Memilih Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Posisi tidur yang tepat sangatlah penting untuk menjaga kualitas tidur Anda, bahkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tidur merupakan kebutuhan rutin setiap manusia. Dengan tidur maka Anda dapat mengembalikan kembali fungsi tubuh yang sebelumnya telah lelah bekerja.

Tidak hanya untuk orang dewasa saja, tidur juga sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Setelah seharian beraktivitas, tidur adalah cara yang tepat untuk mengembalikan tenaga.

Orang dewasa normalnya membutuhkan waktu 6-8 jam untuk tidur. Sedangkan anak membutuhkan waktu 8-10 jam untuk tidur setiap harinya. Pada bayi juga berbeda. Bayi membutuhkan waktu yang lebih banyak lagi untuk tidur.

Karena fungsinya yang teramat penting, jika Anda mengalami kurang tidur maka ada beberapa penyakit yang akan mengintai Anda. Misalnya obesitas, diabetes hingga penyakit jantung. Lalu, apakah ada posisi tidur yag terbaik untuk menjaga kualitas tidur Anda?

Berikut adalah beberapa macam posisi tidur yang terbaik dan terburuk:

  1. Posisi tidur yang terbaik adalah dengan tidur telentang. Tidur telentang tidak membuat organ-organ mengalami penekanan. Posisi tidur seperti ini sesuai dengan posisi anatomis tubuh manusia, sehingga tidak salah jika posisi ini disebut posisi terbaik untuk Anda yang sehat. Tetapi, jika Anda mempunyai kebiasaan mendengkur, posisi ini akan membuat dengkuran Anda semakin keras. Untuk itu, apabila Anda memiliki kebiasaan mendengkur, posisi ini tidak baik untuk Anda.
  2. Posisi tidur terbaik kedua adalah dengan tidur miring. Tidur miring sangat disarankan untuk ibu hamil dan Anda yang mempunyai kebiasaan mendengkur. Karena dengan posisi miring, maka dengkuran Anda akan sangat berkurang atau bahkan menghilang.
  3. Posisi tidur yang sangat tidak disarankan adalah posisi tidur tengkurap. Karena dengan posisi tengkurap, maka pernapasan Anda pun akan terganggu yang bisa berujung pada kematian.

0 Komentar

Belum ada komentar