Sukses

Resep Rumahan untuk Atasi Flek Hitam

Adakah cara yang dapat dilakukan di rumah untuk menghilangkan flek hitam?

Para wanita tentunya ingin memiliki kulit bersih mulus tanpa kehadiran flek hitam. Namun demikian, berbagai hal yang kita alami sehari-hari dapat mencetuskan kemunculan flek hitam pada wajah, seperti paparan sinar matahari, kelainan metabolik, kehamilan, konsumsi obat-obatan tertentu, serta penyakit kulit – seperti infeksi bakteri, jamur, jerawat, alergi, trauma, luka bakar, dan lain-lain.

Ada berbagai cara pengobatan di dokter yang dapat dilakukan untuk menghilangkan flek hitam. Selain itu, ada pula kiat-kiat yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk membantu mempercepat pudarnya flek hitam tersebut.

Hindari Sinar Matahari

Sebisa mungkin, hindari sinar matahari terik antara pukul 9 pagi hingga 3 sore. Sinar ultraviolet dari matahari dapat menimbulkan berbagai kerusakan pada wajah, salah satunya adalah flek-flek hitam.

Hal ini akan semakin diperparah apabila Anda bepergian tanpa perlindungan. Ke mana dan di mana pun Anda berada, jangan lupa untuk selalu mengoleskan krim tabir surya dengan SPF minimal 30.

Oleskan jumlah yang cukup banyak di wajah dan leher Anda sebelum bepergian ke luar rumah. Akan lebih baik apabila Anda memilih tabir surya jenis mineral dibandingkan dengan kimia. Tabir surya jenis mineral mengandung zinc oxide atau titanium dioxide yang dapat memantulkan sinar ultraviolet, serta aman bagi kulit sensitif.

Sementara itu, tabir surya jenis kimia yang mengandung oxybenzone, avobenzone, dan octocrlene bekerja dengan menyerap sinar ultraviolet. Terkadang, tabir surya jenis ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif.

Selain menggunakan tabir surya, perlindungan fisik seperti menggunakan topi, payung, dan kaca mata hitam juga diperlukan untuk menangkal sinar matahari.

Gunakan Kosmetik

Seiring dengan berjalannya perawatan untuk menghilangkan flek hitam (yang tidak bisa dikatakan sebentar), Anda dapat menyamarkan flek hitam pada wajah dengan menggunakan kosmetik.

Anda dapat memilih alas bedak (foundation) dengan kemampuan menutupi (coverage) yang baik yang sesuai dengan warna kulit Anda. Anda dapat mengetes sedikit produk dengan mengoleskannya ke garis rahang Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan concealer dengan warna satu tingkat lebih terang daripada warna asli kulit Anda, untuk lebih baik lagi dalam menutupi noda hitam di kulit.

Vitamin C

Anda juga dapat menggunakan serum yang mengandung vitamin C yang memiliki kemampuan antioksidan dan menyamarkan noda hitam di wajah. Banyak studi menunjukkan bahwa walaupun kerja vitamin C lebih lama daripada hidrokuinon, vitamin C lebih aman dan lebih jarang menimbulkan iritasi kulit.

Bentuk vitamin C yang paling stabil adalah magnesium-ascorbyl-phospate (MAP) dan ascorbyl-6-palmitate. MAP 10% telah terbukti bermanfaat dan dapat mencerahkan noda hitam secara signifikan.

Vitamin E

Vitamin E memiliki kemampuan antioksidan dan perlindungan terhadap efek sinar matahari. Meskipun demikian, penelitian telah membuktikan bahwa vitamin E akan bekerja dengan lebih efektif dan efisien apabila dikombinasikan dengan vitamin C.

Konsentrasi vitamin E 5% telah terbukti aman dan efektif dalam membantu menghilangkan flek hitam pada wajah.

Niasin

Niasin, atau disebut juga nikotinamid, merupakan vitamin B3 yang bermanfaat mencerahkan wajah.

Niasin banyak digunakan dalam berbagi krim pencerah wajah. Konsentrasi sebesar 2% terbukti efektif dalam membantu memudarkan flek hitam. Namun demikian, akan lebih efektif lagi apabila nikotinamide dikombinasikan dengan vitamin C dan tabir surya.

Ekstrak Tumbuhan

Ada beberapa ekstrak tumbuhan yang telah terbukti bermanfaat dalam memudarkan flek hitam, seperti ekstrak biji anggur (grape seed) yang kaya akan antioksidan kuat, ekstrak bunga anggrek, lidah buaya, pohon pinus Prancis, alga laut, kacang kedelai, teh hijau, mulberry, dan licorice.

0 Komentar

Belum ada komentar