HomeIbu Dan anakKesehatan AnakBerikan Stimulasi Pancaindra pada Si Kecil
Kesehatan Anak

Berikan Stimulasi Pancaindra pada Si Kecil

dr. Karin Wiradarma, 23 Feb 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Lakukan stimulasi pada pancaindra Si Kecil sejak dini, agar ia dapat mengenal dunianya dengan baik.

Berikan Stimulasi Pancaindra pada Si Kecil

Mengenalkan dunia luar pada Si Kecil merupakan salah satu cara untuk menjadikan tumbuh kembangnya optimal. Si Kecil dapat memahami dan mengeksplorasi lingkungan melalui kelima pancaindranya, yaitu pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan perabaan.

Sebagai langkah awal untuk mengenalkan pancaindra kepada Si Kecil, Bunda/Ayah dapat mengajarinya nama-nama pancaindra seperti mata, hidung, mulut, telinga, dan tangan. Setelah ia mengerti dan menghafalkannya, Bunda/Ayah dapat melanjutkan dengan menerangkan kegunaan dari masing-masing pancaindra tersebut.

Bunda/Ayah juga dapat memasukkan topik mengenai pancaindra ke dalam pembicaraan sehari-hari, seperti “bunga ini harum sekali”, “suara klakson mobil itu nyaring sekali”, “kue ini rasanya manis”, “es batu dingin sekali”, dan lain-lain.

Latih dengan Permainan

Berbagai permainan menyenangkan dapat Bunda/Ayah lakukan untuk membantu merangsang pancaindra Si Kecil, seperti:

  • Pendengaran

Si Kecil memerlukan pendengaran yang baik agar ia memiliki kemampuan yang baik untuk mendengarkan Bunda/Ayah, teman, dan menyimak guru di sekolah. Ajaklah si Kecil melakukan permainan yang melibatkan banyak instruksi, dan amati apakah ia dapat menangkap dan melakukannya dengan baik.

  • Penglihatan

Latihlah penglihatan Si Kecil dengan melakukan permainan mencocokkan, seperti mencocokkan gambar, huruf, dan angka. Ajak juga ia untuk bermain di taman, dan ajarkan tentang warna-warna bunga yang ada di taman.

  • Penciuman

Lakukan permainan dengan menutup mata Si Kecil kain, dan mintalah ia untuk menebak suatu benda hanya dengan menciumnya. Bunda/Ayah dapat menggunakan benda-benda dengan wewangian yang khas, seperti teh, kopi, cokelat, kayu manis, dan lain-lain.

  • Pengecapan

Ajarkan Si Kecil mengenai berbagai macam rasa melalui makanan yang berbeda, seperti manis, asin, dan asam. Bunda/Ayah juga dapat melakukan permainan yang sama seperti untuk melatih penciuman, yaitu dengan menutup mata Si Kecil dan memintanya menebak nama makanan yang dimakannya.

  • Perabaan

Ajarkan Si Kecil untuk meraba berbagai permukaan yang berbeda, seperti yang halus, kasar, berbulu, berbatu-batu, dan lain-lain. Bunda/Ayah juga dapat mengujinya dengan menutup mata dan memintanya menebak nama benda yang dipegangnya.

Serba-Serbi AnakStimulasi Pancaindra

Konsultasi Dokter Terkait