Sukses

4 Alasan Berjalan Kaki Dapat Membakar Kalori

Ingin selalu sehat dan bugar? Berjalan kaki setiap hari adalah jawabannya!

Slim & Fit

KlikDokter.com - Berjalan kaki memang kegiatan yang pasti kita lakukan sehari-hari. Tak hanya menyehatkan, berjalan kaki juga dapat mempengaruhi mood dan emosi Anda sehingga bisa berimbas pada kebiasaan dan selera makan. Anda juga tentu sudah tahu bahwa sering berjalan kaki dapat membantu membakar kalori. Bahkan dapat membakar 400 kalori per jam. Mengapa?

1. Berjalan kaki dapat mengerem keinginan untuk mengemil

Berjalan kaki tak hanya dapat membakar kalori, tetapi juga dapat membuat Anda terhindar dari keinginan makan kudapan favorit Anda. Banyak orang makan sehat dari sepanjang hari namun ketika malam di rumah justru malah ngemil. Berdasarkan penelitian dari Brigham Young University menyebutkan bahwa orang yang berhenti makan setelah jam 7 malam setiap harinya dapat turun berat badannya hingga 0,5 kg dalam 2 minggu dibandingkan dengan yang tidak.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Tidur yang tidak berkualitas dapat menjadi kunci utama peningkatan berat badan. Penelitian membuktikan bahwa gangguan tidur dapat menekan produksi leptin, yaitu hormon yang mengontrol rasa kenyang dan meningkatkan ghrelin, hormon yang menstimulasi rasa lapar. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa orang yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam, 15% berisiko lebih tinggi mengalami obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidur 7 jam setiap hari. Olahraga seperti halnya berjalan kaki dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak pada malam hari.  

3. Memperbaiki mood dan pikiran lebih sehat

Sama seperti olahraga lainnya, berjalan kaki juga dapat mengeluarkan hormon endorfin sehingga dapat memperbaiki mood Anda. Anda akan merasa lebih bahagia dan pikiran Anda juga menjadi lebih sehat setelah berolahraga. Berdasarkan penelitian, pekerja yang berjalan kaki selama 30 menit ketika jam makan siang akan merasa lebih rileks dan antusias dalam menghabiskan sisa waktu kerja mereka dibandingkan dengan yang tidak.

4. Mengurangi nafsu makan yang tak terkontrol

Apakah Anda adalah satu dari sekian banyak orang yang makan ketika stres? Buang jauh-jauh camilan Anda dan mulailah berjalan kaki. Ketika Anda memiliki keinginan untuk ngemil, cobalah untuk berjalan kaki sejenak dari meja kerja Anda. Berjalan kaki tentu bukannya berjalan dari meja kerja Anda ke kulkas dapur, ya!

0 Komentar

Belum ada komentar