Sukses

Ingin Turun 1 Kg Per Minggu? Cobalah Zumba

Dengan senam Zumba, Anda akan mendapatkan dua hal: tubuh sehat dan hati yang gembira! Tertarik untuk coba?

Slim & Fit

KlikDokter.com - Zumba merupakan perpaduan dari tarian salsa, latin, belly dance, dan hip hop. Olahraga kardiovaskular ini memang sedang banyak digemari, terutama pada kalangan wanita. Musik yang energik dan menyenangkan serta gerakan yang dinamis membuat Anda seakan lupa bahwa Anda sedang berolahraga. Yuk, kita kenali Zumba lebih jauh!

Berapa banyak kalori yang dibakar melalui Zumba?

Zumba tergolong jenis tarian yang cepat. Satu jam Zumba dapat membakar setidaknya 500 kalori. Untuk menurunkan 0,5 kg, Anda perlu membakar setidaknya 3500 kalori. Jadi dengan Zumba selama 1 jam 3 kali per minggu, Anda dapat menurunkan setidaknya 0,5 kg dalam 2 minggu dan 1 kg per bulan. Tentu dengan pengaturan pola makan juga.

Jika Anda melakukan Zumba selama 1 jam setiap hari dan mengurangi porsi makanan 500 kalori per hari, Anda dapat menurunkan 1 kg per minggu. Penurunan berat badan ini cepat namun masih tergolong sehat. Jika Anda menurunkan berat badan secara drastis, Anda justru malah akan kehilangan massa otot bukannya lemak.

Apa saja manfaat Zumba?

Zumba melatih otot tubuh secara keseluruhan, terutama otot punggung dan perut karena gerakannya mengharuskan Anda menggerakkan seluruh anggota tubuh. Selain itu, gerakan tariannya dapat meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan postur tubuh Anda. Gerakannya yang energik juga dapat membuat Anda menjadi lebih bebas, rileks, serta percaya diri.

Apa saja persiapan sebelum melakukan Zumba?

Gerakan-gerakan Zumba tidak hanya terfokus pada pinggul dan pinggang, tetapi juga kaki. Oleh karena itu, sepatu olahraga yang baik sangatlah penting. Jangan lupa juga untuk menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman, supaya Anda dapat bergerak lebih bebas.

Agar terhindar dari dehidrasi, banyak minum sebelum dan sesudah berolahraga juga penting. Namun, hindari minum sesaat sebelum berolahraga atau minum dalam jumlah yang banyak saat berolahraga karena dapat membuat nyeri pada perut.  Selain itu, jika Anda memiliki masalah atau gangguan pada lutut dan punggung, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum melakukan olahraga ini.

0 Komentar

Belum ada komentar