Sukses

Menjaga Anak Tetap Sehat Saat di Sekolah

Salah satu tempat yang membuat Si Kecil rentan terkena penyakit adalah sekolah. Bagaimana untuk meminimalisasi hal tersebut?

KlikDokter.com – Kuman penyakit beredar di sekitar Si Kecil, tak terkecuali sekolah. Penyebarannya bisa terjadi saat ia menyentuh pegangan pintu, permukaan meja, atau benda-benda lain yang digunakan oleh penderita sebelumnya.  Umumnya, mereka mudah tertular kuman karena kesadarannya akan kesehatan dan kebersihan masih sangat rendah.

Mencuci tangan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan anak. Ingatkan Si Kecil untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, setelah dari toilet, saat bersin, dan lain-lain. Selain itu, gosoklah tangan sedikitnya 20 detik agar kuman-kuman terbasuh dengan efektif.

Berikut ini beberapa cara lain yang bisa Bunda terapkan, agar kesehatan Si Kecil tetap terjaga saat di sekolah:

  • Membawakan bekal makanan

Di sekolah, Si Kecil cenderung suka jajan. Kebiasaan ini sering kali berdampak buruk terhadap kesehatannya. Untuk mencegah hal tersebut, bawakanlah Si Kecil bekal dari rumah berupa makanan maupun minuman (salah satunya susu yang bisa menunjang pertumbuhannya). Catat variasi makanan dan minuman kesukaan Si Kecil, lalu jadikan sebagai bekal dan kreasikan semenarik mungkin.

  • Memilih tas ransel yang tepat

Tas ransel yang salah bisa membuat punggung, leher, dan bahu Si Kecil nyeri. Karena itu, jangan memilih tas ransel dengan bahan yang terlalu tebal karena akan menambah beban, begitu pula dengan bahan yang terlalu tipis lantaran bahan yang terlalu tipis tidak bisa mengatur beban secara merata. Pilih juga tali bahu yang lebar, empuk, dan berkontur.

  • Menggunakan hand sanitizer

Berikan Si Kecil hand sanitizer yang bisa ia simpan di meja atau tasnya. Ingatkan dirinya untuk menggunakan benda tersebut sebelum makan, setelah menggunakan komputer bersama atau barang bersama lainnya, serta setelah dari toilet.

  • Menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin

Berikan tisu untuk dibawa ke sekolah saat Si Kecil sakit. Ingatkan ia untuk batuk atau bersin pada tisu kemudian buang tisu ke tempat sampah, dan jangan lupa untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setelahnya. Jika ia tidak membawa tisu, ajarkan padanya untuk mengalihkan wajah ke bahu saat batuk atau bersin.

  • Jangan berbagi botol minuman atau barang lainnya

Penyakit dapat menular melalui berbagai cara, salah satunya adalah karena berbagi minuman atau makanan dalam wadah yang sama. Ingatkan Si Kecil untuk menggunakan botol minuman miliknya sendiri. Dengan cara ini, Si Kecil akan terhindar dari berbagai penyakit menular.

Kesehatan anak merupakan hal penting yang harus menjadi fokus setiap orangtua. Oleh karena itu, jagalah kesehatan Si Kecil dengan membekalinya makanan bernutrisi tinggi, mengajaknya untuk tidur cukup, serta melakukan vaksin tepat waktu – termasuk vaksin flu tahunan. Untuk mencegah penyebaran kuman di rumah, terapkanlah kiat-kiat di atas pada seluruh anggota keluarga.  

Kesehatan merupakan salah satu kunci penting yang dapat menentukan kualitas masa depan Si Kecil. KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Nutrition Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung tumbuh kembang Si Kecil secara optimal. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

1.     Morinaga Platinum Moricare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Platinum Moricare+ Prodiges (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum Moricare+ Prodiges (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat Moricare+ Prodiges, dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Pertahanan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

2.     Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

3.     Morinaga Soya Moricare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Soya Moricare+ Prodiges (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya Moricare+ Prodiges  (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada Si Kecil yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

4.     Morinaga P-HP Moricare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid P-HP Moricare+ Prodiges (1-3 tahun) merupakan susu pertumbuhan bergizi yang dapat mengurangi risiko alergi bagi Si Kecil yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP Moricare+ Prodiges mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi Si Kecil yang memiliki riwayat alergi.

0 Komentar

Belum ada komentar