Sukses

3 Kesalahpahaman Tentang Tekanan Darah Tinggi

Jangan sepelekan tekanan darah tinggi, sebab darah tinggi dapat merugikan diri Anda. Simak ulasan lengkapnya berikut.

KlikDokter.com - Apakah Anda khawatir tentang tekanan darah tinggi pada diri sendiri, anggota keluarga, atau teman Anda? Jika tidak diobati, tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan stroke. Memahami tentang tekanan darah tinggi dapat membantu Anda mencegah kondisi yang dapat merusak kesehatan Anda ataupun kesehatan seseorang yang Anda cintai. Anda bisa mulai dengan belajar apa yang benar dan apa yang tidak tentang penyakit ini. 3 kesalahpahaman umum tentang tekanan darah tinggi adalah:

1. Darah Tinggi Bukan Suatu Masalah Kesehatan yang besar, banyak orang mengalaminya

Pada awalnya Anda mungkin tidak merasakan gejala tekanan darah tinggi, sehingga Anda tidak terlalu khawatir. Namun, mengalami masalah tekanan darah tinggi jangka panjang dapat membunuh Anda. Karena pada kondisi normal, jantung Anda berdetak secara teratur sehingga memompa darah melalui pembuluh di seluruh tubuh Anda dengan baik. Namun pada pasien hipertensi, tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, jantung, ginjal, dan organ lainnya pada tubuh. Selain itu, hal yang paling menakutkan dari tekanan darah tinggi adalah bahwa Anda mungkin memilikinya namun Anda tidak menyadarinya. Oleh sebab itu, dokter sering menyebut tekanan darah tinggi sebagai "silent killer”.

2. Tekanan Darah Tinggi Tidak Dapat Dicegah

Mungkin Anda memiliki kerabat atau sanak saudara dengan tekanan darah tinggi. Karenanya, Anda mungkin berpikiran bahwa tidak ada yang dapat Anda lakukan terkait diagnosis tekanan darah tinggi. Namun perlu Anda ketahui, terdapat beberapa berita baik tentang tekanan darah tinggi, bahkan jika Anda memiliki banyak faktor risiko darah tinggi. Karenanya, terdapat beberapa hal yang harus anda lakukan, yakni:

  • Jaga berat badan Anda pada tingkat yang sehat

Anda dapat mencapai hal ini dengan kombinasi makan sehat dan olahraga yang teratur.

  • Makan makanan yang sehat

Makanlah makanan yang sehat dalam takaran jumlah yang dibutuhkan tubuh Anda dan pilihlah makanan tinggi nutrisi dan rendah lemak, gula, ataupun garam.

  • Membatasi konsumsi garam

Sebagian besar natrium yang Anda makan adalah dalam bentuk garam. Oleh karena itu, batasi konsumsi penggunaan garam dalam makanan Anda.

  • Batasi berapa banyak alkohol yang Anda minum

Kurangilah konsumsi alkohol yang berlebihan, atau bahkan berhentilah untuk mengonsumsi alkohol jenis apapun demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

  • Tidak merokok, dan hindari jangkauan terhadap asap rokok.

Kurangi merokok atau bahkan berhentilah merokok jika Anda adalah seorang perokok aktif. Selain itu, jauhkanlah juga diri anda dari paparan asap rokok yang membuat anda menjadi perokok pasif, karena hal tersebut sama bahayanya dengan menjadi perokok aktif.

  • Melakukan olahraga secara teratur

Cobalah untuk berolahraga selama 30 menit setiap hari atau setidaknya 5 hari dalam seminggu. Olahraga dapat mengurangi stres dan membantu Anda mengontrol berat badan Anda.

3. Tidak masalah selama salah satu tekanan darah baik itu sistolik atau diastolik berada pada angka yang normal

Anda mungkin memperhatikan ketika dokter mengukur tekanan darah Anda terdapat dua angka, yaitu angka atas dan bawah. Angka yang terdapat di sisi atas disebut dengan tekanan darah sistolik Anda. Angka ini mewakili kekuatan darah yang mengalir melalui pembuluh darah Anda sejalan detak jantung Anda.

Penjelasan lebih lanjut tentang jumlah angka sistolik yang muncul adalah sebagai berikut:

  • <119 adalah tekanan darah sistolik yang normal
  • 120-139 adalah pre-hipertensi
  • >140 adalah tekanan darah tinggi
  • >150 adalah tekanan darah tinggi pada mereka yang berusia di atas 60

Sedangkan angka yang terdapat di sisi bawah disebut dengan tekanan darah diastolik Anda. Jumlah ini mewakili kekuatan darah yang mengalir melalui pembuluh darah di antara detak jantung Anda, sementara jantung Anda sedang beristirahat.

Penjelasan lebih lanjut tentang jumlah angka diastolik adalah sebagai berikut:

  • <79 tekanan darah diastolik yang normal
  • 80-89 adalah pre-hipertensi
  • 90 adalah hipertensi

Banyak orang lebih memperhatikan tingkat sistolik daripada diastolik, tetapi para ahli mengatakan bahwa jantung dapat mentolerir tekanan sistolik yang tinggi dengan lebih baik dibandingkan tekanan diastolik yang tinggi.

Tekanan darah tidak berubah sepanjang hari  tergantung pada aktivitas Anda. Selain itu, tekanan darah juga berubah dari waktu ke waktu. Tekanan darah sistolik cenderung naik seiring bertambahnya usia sedangkan tekanan darah diastolik dapat turun seiring bertambahnya usia.

0 Komentar

Belum ada komentar