Sukses

Cuci Tangan dan Pengaruhnya kepada Kesehatan Si Kecil

Tangan dapat menjadi kotor setelah kontak dengan teman, memegang uang, berolahraga, bermain di lapangan, ataupun setelah dari toilet. Dengan cuci tangan, Anda dapat menekan angka risiko penularan kuman dan bakteri.

KlikDokter.com – Kenapa perlu cuci tangan? Makan dengan tangan pasti sering dilakukan oleh buah hati Anda, baik itu makan nasi ataupun makan makanan ringan. Hal yang menjadi masalah bukanlah makan dengan tangan, tetapi makan dengan tangan yang kotor. Tangan kita banyak sekali mengandung kuman, terutama setelah kontak dengan barang-barang yang tidak bersih. Seringkali kita juga tidak menyadari bahwa tangan kita kotor. Meskipun tidak tampak kotor, tangan kita dapat membawa kuman dalam jumlah yang besar!

Jika tidak cuci tangan, maka kuman dapat terbawa ke dalam saluran pencernaan pada saat makan menyebabkan infeksi saluran cerna. Gejala infeksi saluran cerna dapat berupa diare, perut mulas, mual-mual, muntah, dan demam. Selain infeksi saluran cerna, tangan yang kotor bila bersentuhan dengan hidung atau mulut dapat juga menyebabkan infeksi saluran napas dengan gejala batuk dan pilek. Keluhan sesak napas disertai demam juga dapat timbul bila infeksi saluran napas berat.

Tangan yang tidak terjaga kebersihannya dengan cuci tangan, juga membawa kuman juga dapat menularkan penyakit kulit, atau menyebabkan infeksi pada mata bila kontak dengan mata.

Oleh karena itu cuci tangan merupakan aktivitas yang penting untuk menghilangkan kuman pada tangan, mencegah timbulnya penyakit, maupun mengurangi penularan penyakit.

Pada saat cuci tangan, gunakanlah air bersih dan sabun. Sabun antiseptik dapat membantu menghilangkan kuman pada tangan dan menjaga kesehatan tubuh. Perhatikan daerah-daerah yang tersembunyi seperti sela-sela jari, kuku, dan ujung jari saat cuci  tangan. Jangan luput membersihkan bagian-bagian tersebut.

Anak-anak lebih mudah mengalami infeksi karena daya tahan tubuh yang lebih lemah dibandingkan orang dewasa. Karena itu jangan lupa untuk mengingatkan Si Kecil untuk cuci tangan demi kesehatan buah hati Anda. Mulailah dari diri sendiri! Ya, Ayah dan Bunda adalah orang-orang pertama dalam kehidupan Si Kecil, yang harus mulai untuk cuci tangan. Saat ingin menggendong, saat menyiapkan makanan, atau saat akan menyuapi anak. Dengan demikian, kebiasaan ini akan lebih mudah diterapkan pada Si Kecil.

Sebagaimana dikutip dari sebuah pernyataan peneliti di Inggris: “Tangan kita yang kotor adalah jauh lebih berbahaya daripada tempat-tempat yang kita anggap paling kotor sekalipun!”. Ayo biasakan cuci tangan!

0 Komentar

Belum ada komentar