Sukses

Asah Kreativitas Si Kecil dengan 8 Permainan Ini

Moto anak adalah bermain sambil belajar. Karena itu, berikanlah ia stimulasi dengan permainan-permainan seru!

KlikDokter.com - Aktivitas bermain bagi anak merupakan ajang pembelajaran dan pengembangan kreativitas. Dengan kapasitas otak yang sangat besar dan sedang berkembang dengan pesatnya, sangatlah penting bagi Si Kecil untuk selalu aktif dalam bermain dan belajar.

Berikut 8 ide permainan yang dapat mengembangkan kreativitas Si Kecil, sekaligus mengasah otaknya:

Permainan Menyambung Kata

Permainan ini mudah dan praktis, karena tidak membutuhkan alat bantu apa pun. Aturan mainnya adalah para pemain duduk melingkar. Orang pertama menyebutkan satu kata, yang akan disambung oleh orang di sampingnya, dan seterusnya. Syaratnya, para peserta harus dapat membuat kalimat yang tersambung dengan baik. Tantangannya adalah peserta harus menyusun kalimat yang bermakna (bukan kalimat campur aduk) dan mengingat setiap kata baru yang ditambahkan oleh orang-orang sebelumnya.

Permainan ini diharapkan dapat memperlancar kemampuan bicara, bahasa, dan merangsang daya ingatnya.

Tebak Benda dalam Kantong

Permainan ini membutuhkan kantong yang tidak tembus pandang dan benda yang akan dimasukkan ke dalamnya untuk ditebak. Anda bisa menggunakan benda-benda yang akrab dengan Si Kecil dalam kesehariannya, seperti boneka, mobil-mobilan, sisir, buah, buku, pensil, sendok, dan lain-lain.

Aturan permainannya adalah para peserta harus menutup mata, tidak boleh mengintip ke dalam kantong, dan hanya boleh meraba benda dari luar. Peserta harus menebak isi benda tersebut. Jika benda tersebut memiliki bau, peserta diperbolehkan mengendus isi kantong.

Permainan ini diharapkan dapat merangsang keterampilan motorik halus dan indra penciumannya.

Mengenakan Pakaian dan Sepatu

Peserta yang paling cepat dan paling rapi mengenakan pakaian dan sepatunya adalah pemenangnya. Permainan ini dapat melatih kecekatan dan kemandirian anak.

Melompati Bentuk

Sediakan koran, kemudian pisahkan enam hingga sembilan lembar halaman. Potonglah masing-masing halaman menjadi bentuk yang berbeda-beda, mulai dari lingkaran, bujur sangkar, segitiga hingga bintang. Rekatkan masing-masing bentuk di atas lantai atau halaman rumah, satu bentuk berjejer dengan yang lain menjadi suatu garis lurus.

Aturan permainannya adalah ajak anak untuk melompat maju dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Apabila Anda ingin membuat permainan lebih menarik, berikan perintah yang tingkat kesulitannya semakin meningkat. Misalnya, “Jalan ke atas bintang, berjingkat ke persegi panjang, atau loncat empat kali di atas lingkaran!”

Permainan ini dapat merangsang kemampuan anak untuk mendengarkan sekaligus mengingat.

Menyusun Lego atau Balok Kayu

Ajaklah anak untuk menyusun lego dan balok kayu warna-warni menjadi berbagai bentuk yang menarik. Permainan ini bertujuan merangsang kreativitasnya, melatih motorik halus, konsentrasi, dan kemampuan mengingat warna.

Menggambar dan Mewarnai

Untuk kegiatan ini, Anda membutuhkan buku gambar atau kertas, buku mewarnai, dan pensil warna. Untuk anak yang lebih besar, dapat diajak menggambar. Sementara itu untuk anak yang lebih kecil dapat mewarnai buku yang telah ada gambarnya. Pastikan agar pensil warna atau krayon yang digunakan Si Kecil aman.

Kegiatan ini dapat merangsang kreativitas anak dan melatihnya mengingat warna.

Bermain Puzzle

Ajaklah Si Kecil untuk menyusun puzzle. Tingkat kesulitan puzzle dapat disesuaikan dengan usianya. Permainan ini dapat mengasah kreativitas, konsentrasi, dan motorik halusnya.

Membuat Kerajinan Tangan

Kegiatan ini umumnya akan menarik bagi anak perempuan. Ajak Si Kecil membuat prakarya sederhana seperti pigura, rumah-rumahan, tempat pensil, boneka mini, dan lain-lain. Untuk anak yang lebih besar, ia dapat belajar menjahit, menyulam, merajut, membuat scrapbook dan kartu ucapan.

Kegiatan ini akan melatih kreativitas dan kemampuan motorik halus anak.

0 Komentar

Belum ada komentar