HomeIbu Dan anakKesehatan AnakDapatkah Alergi Si Kecil Disembuhkan?
Kesehatan Anak

Dapatkah Alergi Si Kecil Disembuhkan?

dr. Karin Wiradarma, 19 Nov 2015

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Untuk mengenali lebih jauh mengenai alergi anak, simak penjelasan dr. Karin Wiradarma di sini.

Dapatkah Alergi Si Kecil Disembuhkan?

Akhir-akhir ini semakin banyak jumlah anak yang mengalami alergi, baik itu alergi makanan maupun pernapasan. Alergi tidak hanya membebani penderitanya, namun juga keluarganya. Selain mengganggu kesehatan dan membuat tidak nyaman karena menurunkan kualitas hidup, alergi juga membuat penderitanya mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk biaya pengobatan.

Tidak heran, para ahli terus berusaha mencari solusi untuk mengatasi alergi ini – jika mungkin, menyembuhkannya. Untuk sementara, kita tidak dapat mengatakan bahwa alergi dapat disembuhkan, melainkan hanya dikendalikan.

Pada umumnya, bakat alergi diturunkan oleh orangtua kepada anak melalui genetik. Karena dibawa dalam gen, maka alergi pada teorinya tidak dapat disembuhkan. Meskipun demikian, gejala alergi dapat diminimalkan dengan menghindari alergen penyebab alergi. Misalnya, orang yang alergi susu sapi tidak boleh lagi mengonsumsi susu sapi dan segala jenis produknya apabila tidak ingin gejala alerginya kambuh.

cara mencegah eksim dan alergi pada bayi

Namun permasalahannya, banyak sekali makanan dan minuman yang mengandung susu tanpa kita ketahui dengan pasti. Orang yang alergi susu sapi harus menghindari susu, yoghurt, keju, mentega, dan segala jenis makanan lain yang terbuat dari bahan makanan tersebut.

Jikalau gejala alergi sampai kambuh, masih ada pertolongan berikutnya, yakni konsumsi obat antialergi. Tetapi, obat tersebut hanya dapat menghilangkan gejala alergi sementara. Obat tidak dapat secara penuh menghentikan reaksi peradangan yang sedang berjalan dalam tubuh akibat reaksi alergi, serta tidak dapat seterusnya melindungi penderita dari alergen tersebut. Akibatnya, jika orang tersebut terpapar oleh alergen yang sama, gejala alergi akan kambuh kembali.

Kiat Agar Alergi Anak Tidak Menetap Hingga Dewasa

Untungnya, ada beberapa jenis alergi yang akan menghilang pada saat penderitanya mencapai usia tertentu. Sebanyak 85% anak yang alergi terhadap susu sapi, telur, soya, dan gandum akan terbebas dari alerginya. Namun di sisi lain, hanya 15% yang akan terbebas dari alergi kerang dan kacang.

Kini telah ditemukan imunoterapi, yaitu upaya untuk menurunkan keparahan alergi – bahkan jika mungkin menghilangkannya. Metode terapi ini adalah dengan suntikan ataupun obat yang diminum.

Apabila orang alergi udang, ia akan diberikan ekstrak udang dalam jumlah kecil setiap harinya, yang semakin lama akan semakin ditingkatkan kadarnya. Tujuan terapi ini adalah agar lama-kelamaan penderita alergi udang ini menjadi semakin kebal terhadap alergen udang, sehingga gejala alerginya akan lebih ringan hingga menghilang.

Artikel lainnya: Delapan Mitos Alergi Anak, Bagaimana Faktanya?

Imunoterapi dapat menurunkan keparahan alergi, karena pada imunoterapi sistem kekebalan tubuh diperkenalkan terhadap alergen dan diajarkan agar tidak menimbulkan reaksi ketika dipaparkan pada kesempatan selanjutnya. Dengan demikian, imunoterapi cukup efektif untuk mengatasi alergi pada Si Kecil

Serba-Serbi Alergi AnakAlergi Si KecilAlergi DisembuhkanDapatkan Alergi DisembuhkanSi Kecil AlergiAlergi

Konsultasi Dokter Terkait