Sukses

Spa Bayi untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Salon spa bayi semakin menjamur, terutama di kota-kota besar. Apa sajakah manfaatnya?

KlikDokter.com – Salon spa bayi bukan lagi pemandangan yang mengherankan, apalagi di kota-kota besar. Diyakini, dengan pemberian spa bayi, perkembangan anak akan meningkat sehingga dapat mencegah adanya keterlambatan tumbuh kembang.

Si Kecil yang ingin mengikuti spa akan diukur dahulu suhu tubuhnya. Ia juga mendapatkan pemanasan otot sebelum mulai berenang di air hangat, yang diakhiri dengan pijat lembut oleh terapis dengan menggunakan minyak khusus.

Usia 0-18 bulan dianggap tepat untuk melakukan spa bayi. Jangan khawatir, Si Kecil memiliki sepasang refleks yang dapat membuatnya berenang dengan baik, yakni refleks menyelam dan refleks berenang. Ia juga akan diberikan ban sehingga Anda tidak perlu takut.

Terkait terapi air, American Academy of Pediatrics mengeluarkan pernyataan bahwa pada bayi di bawah 1 tahun, tujuan berendam adalah sebatas memberikan kesenangan dan meningkatkan ikatan antara bayi dan orangtua. Belajar berenang tidak direkomendasikan untuk anak di bawah 1 tahun.

Sebaiknya spa bayi dilakukan secara rutin, minimal sebulan sekali. Jika Anda memiliki waktu luang lebih, kegiatan spa juga bisa dilakukan di rumah dan lebih sering, setidaknya seminggu sekali. 

Sementara terapi air baik dari sisi rekreasi, pijat bayi juga tak kalah bermanfaat! Pijat berpengaruh terhadap pola tidur yang teratur, pengenalan lingkungan, serta ketenangan emosi yang lebih baik.

Berikut ini adalah manfaat pijat bayi, menurut Mayo Clinic dan The American Massage Therapy Association:

  1. Mendekatkan hubungan

Melalui pijat bayi, Anda diberi kesempatan untuk mengenal Si Kecil lebih dekat dan membangun kelekatan. Dengan demikian, Anda dapat mengerti dan menjadi lebih responsif terhadap kebutuhannya.

  1. Melancarkan peredaran darah  dan meningkatkan berat badan

Pijat bayi diduga berpengaruh pada peningkatan aktivitas sistem saraf vagal dan pergerakan lambung, yang menyebabkan penyerapan nutrisi menjadi lebih efisien dan berat badan meningkat. Begitu pula dengan berenang di air.

  1. Mematangkan perkembangan

Bayi yang dipijat cenderung lebih matang, baik dari segi motorik, orientasi, dan perilaku. Bayi prematur yang dipijat dengan kekuatan sedang juga lebih jarang rewel, menangis, maupun menunjukkan perilaku stres lainnya.

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Sebuah studi terhadap bayi prematur yang dipijat hingga usia 8 bulan menunjukkan bahwa pijat bayi meningkatkan kualitas tidur dan membuat bayi lebih sedikit terbangun saat jam tidur.

  1. Membuat kulit lebih sehat

Manfaat pijat bagi kulit bayi didapatkan bila dilakukan menggunakan minyak. Pemberian minyak membantu menstabilkan suhu bayi dan mencegah hilangnya panas melalui kulit. Hal ini umumnya lebih bermanfaat bila dilakukan pada bayi prematur yang cenderung mudah mengalami hipotermia (suhu tubuh di bawah normal). Pemakaian minyak juga terbukti dapat memperbaiki tekstur kulit, karena mampu mengangkat sel kulit mati dan mencegah kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

Secara umum, spa bayi bermanfaat dalam menciptakan rasa senang dan meningkatkan ikatan antara Anda dan Si Kecil. Yang juga penting untuk diperhatikan: pilihlah salon spa bayi yang memiliki terapis berpengalaman dan bersertifikat, agar tidak terjadi cedera ataupun kesalahan yang berakibat fatal.

0 Komentar

Belum ada komentar