Sukses

Benarkah Makan Malam Menyebabkan Naiknya Berat Badan?

Makan malam sering disebut-sebut sebagai biang kerok meningkatnya berat badan. Benarkah faktanya demikian? Berikut penjelasan fakta medisnya dari dr. Dina Kusumawardhani di sini.

Slim & Fit

KlikDokter.com – Makan pada malam hari sudah lama dihubungkan dengan peningkatan berat badan. Banyak yang mengatakan sebaiknya tidak makan apapun di atas jam 7 malam. Pertanyaannya adalah, apakah hal tersebut fakta atau hanya mitos?

Tentu kita semua tahu bahwa jika kalori/energi yang masuk lebih besar dari kalori yang keluar dapat menyebabkan kegemukan. Teori tersebut sangatlah benar. Berat badan dipengaruhi oleh jumlah makanan, jenis makanan, aktivitas fisik, dan metabolisme tubuh. Artinya semakin banyak makan, apalagi makanan yang dikonsumsi tinggi gula dan lemak, ditambah aktivitas fisik yang kurang tentu saja akan menyebabkan berat badan meningkat. Jadi, berat badan sama sekali tidak berkaitan dengan waktu makan. Anda bisa makan kapanpun Anda mau, baik pagi, siang, atau malam. Namun yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan dan jumlah kalorinya, agar tidak ada peningkatan berat badan.

Namun, kebanyakan orang yang makan pada malam hari dan mengalami peningkatan berat badan biasanya berhubungan dengan stres, rasa bosan, lelah, atau insomnia. Kondisi-kondisi tersebut dapat memicu produksi hormon yang menyebabkan rasa lapar.

Sayangnya, hormon tersebut biasanya memicu kita untuk makan makanan yang tidak sehat, yaitu makanan tinggi gula dan lemak yang mengandung banyak kalori. Seperti cokelat, kue, permen, es krim, gorengan, dan sebagainya Untuk mencegah kegemukan, pilihlah camilan yang sehat seperti buah dan sayur.

Ada banyak cara untuk membatasi total asupan kalori per hari agar tidak terjadi peningkatan berat badan. Mulailah dengan sarapan yang tinggi protein dan serat. Sarapan yang sehat akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat Anda kenyang lebih lama. Jangan membeli atau menyediakan snack-snack yang tidak sehat di kantor atau di rumah. Kita cenderung ingin makan makanan ringan yang tingi kalori saat sedang menonton televisi atau bekerja.

Agar tidak terjadi peningkatan berat badan, jika Anda terbangun sampai larut dan merasa lapar, pilihlah makanan yang sehat dan pastikan jumlahnya tidak melebihi kebutuhan kalori harian Anda. Selain itu, jangan lupa untuk berolahraga. 

2 Komentar