Sukses

Sayangi Jantung Anda dengan Sarapan Serealia

Sarapan serealia tidak hanya mengenyangkan perut Anda, tetapi juga dapat menyehatkan kerja jantung.

KlikDokter.com – Sarapan sangatlah penting untuk menunjang aktivitas selama seharian. Menu yang banyak dijadikan pilihan untuk sarapan, salah satunya adalah serealia. Selain mengenyangkan, serealia juga bergizi bahkan dapat memperpanjang umur Anda!

Pada studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa pria yang makan satu porsi serealia gandum utuh per hari, berkurang risiko terkena penyakit jantung sebesar 20% ketimbang mereka yang jarang mengonsumsi serealia gandum utuh.

Para peneliti menduga bahwa kandungan mikronutrien, antioksidan, mineral, dan serat yang ada gandum utuh dapat mempengaruhi kadar kolesterol dan tekanan darah, serta memperbaiki bagaimana tubuh memproses insulin dan glukosa.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi serealia:

1.      Takar porsinya

Untuk sarapan, Anda hanya memerlukan serealia sebanyak 200 kalori atau kurang. Apabila Anda ingin sehat sekaligus menurunkan berat badan, perhatikan porsi serealia Anda sebelum mengonsumsinya.

2.      Pilih gandum utuh

Gandum utuh merupakan jenis gandum yang terbaik karena mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. Meski demikian, pilih gandum utuh yang rendah lemak dan kalori atau “100% whole”. 

3.      Pentingkan seratnya

Jangan lupa untuk melihat kandungan serat pada serealia; pilih yang menyediakan minimal 5 gram per saji. Rekomendasi serat yang dibutuhkan adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria.

4.      Hindari sodium

Beberapa serealia memiliki sodium sebanyak 500 mg per saji, melebihi batas yang dianjurkan untuk kesehatan. Ini perlu diwaspadai, karena mengonsumsi terlalu banyak garam dalam makanan dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Pilih serealia yang mengandung sodium tidak lebih dari 220 mg per saji.

5.      Cek kandungan gula dan lemaknya

Pilih serealia yang memiliki gula per saji sebanyak 10 gram atau kurang. Sarapan dengan makanan yang mengandung banyak gula akan menaikkan level glukosa terlalu cepat. Jagalah gula darah tetap stabil untuk mencegah komplikasi diabetes. Kebanyakan serealia tidak mengandung banyak lemak jenuh (yang dapat memicu penyakit jantung), namun tetaplah pilih serealia yang tidak mengandung lebih dari 3 gram lemak.

6.      Tambahkan protein

Cobalah Greek yoghurt tanpa lemak yang memiliki protein cukup, sehingga Anda dapat kenyang lebih lama. Untuk alternatif produk nonsusu, Anda bisa memilih yoghurt kedelai.

Untuk sarapan serealia bergizi seimbang, Anda dapat mengonsumsi Nutrive Benecol Cereal, yakni minuman serbuk serealia yang tinggi serat pangan dan bebas lemak trans.

Setiap bungkus Nutrive Benecol Cereal diformulasikan dengan 1,7 g Plant Stanol Ester. Diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, disertai dengan konsumsi Nutrive Benecol Cereal dua kali sehari, akan memberikan total harian sedikitnya 3,4 g Plant Stanol Ester. Hal ini dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari pangan di dalam usus, sehingga mampu menurunkan kolesterol hingga 7-10% dalam 2-3 minggu.

Cara penyajian Nutrive Benecol Cereal sangat cepat dan praktis, yakni tuangkan satu bungkus Nutrive Benecol Cereal ke dalam 150 ml air hangat, aduk hingga merata dan siap dihidangkan.

Nutrive Benecol Cereal terdiri dari dua varian rasa, yaitu Vanilla Veggie Mix dan Chocolate.

Nutrive Benecol Cereal disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh anak-anak di bawah 5 (lima) tahun, ibu hamil dan ibu menyusui karena mengandung pemanis buatan.(ADV)

0 Komentar

Belum ada komentar