Sukses

Apa Saja Jenis-jenis Kolesterol?

Ketahuilah lebih dalam mengenai fungsi kolesterol serta jenis-jenisnya.

KlikDokter.com – Kolesterol tidak selamanya merugikan. Banyak sekali manfaat kolesterol bagi tubuh, salah satunya adalah untuk memperkuat jaringan sel-sel sehingga organ-organ pada tubuh dapat berfungsi secara lebih optimal. Sehingga bisa dibayangkan, apa jadinya tubuh tanpa kolesterol?

Namun, jumlah kolesterol yang berlebih tentu dapat membahayakan kesehatan. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi di antaranya penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan lain-lain.

Berikut adalah jenis-jenis kolesterol yang perlu Anda ketahui:

LDL (low-density lipoprotein)

Kolesterol LDL dianggap sebagai kolesterol “jahat” karena berkontribusi terhadap plak, tebal, tumpukan lemak yang keras yang dapat menyumbat arteri dan membuat pembuluh darah menjadi kurang fleksibel. Kondisi ini dikenal sebagai aterosklerosis. Jika bentuk gumpalan dan blok arteri menyempit, maka dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.  

HDL (high-density lipoprotein)

Kolesterol HDL dianggap “baik” karena dapat membantu menghilangkan kolesterol LDL dari arteri. HDL bertugas membawa kolesterol LDL dari arteri untuk kembali ke hati, di mana kolesterol akhirnya dipecah dan dihilangkan dari tubuh. Tingkat kolesterol sehat HDL dapat melindungi seseorang dari serangan jantung dan stroke, sementara rendahnya tingkat kolesterol HDL telah terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung.

Trigliserida

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak dalam darah yang dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi energi. Kadar trigliserida yang tinggi akan menaikkan risiko serangan jantung dan stroke. Peningkatan trigliserida dapat disebabkan oleh kelebihan berat badan dan obesitas, kurangnya aktivitas fisik, merokok, konsumsi alkohol berlebihan, diet tinggi karbohidrat (lebih dari 60 persen dari total kalori), dan faktor genetik. 

0 Komentar

Belum ada komentar