Sukses

Ini Bahayanya Jika Terus-menerus Sakit Kepala

Sakit kepala kadang dianggap remeh, padahal sakit kepala berkepanjangan dapat disebabkan oleh banyak penyakit serius.

KlikDokter.com - Sakit kepala adalah sakit yang dirasakan di daerah kepala atau merupakan suatu sensasi tidak nyaman yang dirasakan pada daerah kepala. Penyakit ini termasuk ke dalam keluhan yang sering diutarakan oleh orang. Namun, beda jenis sakit kepala, beda pula pengobatan yang mesti dilakukan.

Langkah Pengobatan Sakit Kepala

Penanganan sakit kepala tergantung dari penyebabnya. Jadi, selama belum ada penanganan penyakit yang menyebabkan keluhan sakit kepala, maka sakit kepala akan terus dirasakan.

Namun, jika Anda mengalami serangan sakit kepala, cobalah duduk dan istirahatkan diri sejenak. Jangan paksakan diri Anda untuk melanjutkan aktivitas yang sedang Anda lakukan, terlebih jika Anda sedang menyetir. Cobalah pejamkan mata Anda atau berbaring sejenak. Anda dapat minum obat penghilang rasa sakit kepala sebagai langkah awal untuk meringankan gejala yang sedang Anda alami.

Penyebab Sakit Kepala Terus-menerus

Jika Anda mengalami sakit kepala yang terus-menerus, maka Anda perlu memeriksakan diri Anda ke dokter. Sakit kepala yang dirasakan terus-menerus dan tidak membaik dengan obat penghilang nyeri kepala bisa jadi merupakan gejala penyakit yang serius, seperti:

  1. Meningitis

Meningitis merupakan infeksi pada selaput otak. Meningitis dapat disebabkan oleh bakteri maupun virus. Seorang yang menderita meningitis akan mengeluhkan adanya nyeri kepala hebat, dan muntah. Bahkan jika infeksi sudah lanjut dapat menyebabkan penurunan kesadaran.

  1. Migrain

Migrain merupakan salah satu penyebab nyeri kepala berkepanjangan. Seorang yang menderita migrain akan mengalami nyeri kepala seperti diikat. Pasien juga akan mnegeluhkan adanya berbagai keluhan tambahan seperti pandangan kabur dan kepala terasa berdenyut.

  1. Stroke

Stroke disebabkan karena ada gangguan aliran darah ke otak. Nyeri kepala khususnya disebabkan stroke perdarahan, di mana pembuluh darah pecah dan menyebabkan darah mengisi ruang di dalam tengkorak. Hal inilah yang menyebabkan nyeri kepala pada penderita stroke. Keluhan lain yang akan dikeluhkan oleh pasien adalah kelemahan pada bagian tubuh dan penurunan kesadaran.

  1. Abses otak

Abses otak adalah adanya kumpulan nanah di dalam otak. Hal ini terjadi akibat adanya infeksi di dalam otak. Penderita abses otak akan mengeluhkan adanya nyeri kepala, demam, dan penurunan kesadaran. 

0 Komentar

Belum ada komentar