Sukses

Sterol dan Stanol, Si Penurun Kolesterol

Sebagian orang sudah mulai beralih mengonsumsi berbagai macam suplemen, termasuk suplemen yang mengandung sterol dan stanol.

KlikDokter.com – Suplemen penurun kadar kolesterol kerap dianggap sebagai “bala bantuan” untuk pengidap kolesterol. Baru-baru ini penelitian menunjukkan bahwa kandungan tertentu pada tanaman yang disebut sterol dan stanol dapat membantu Anda menyingkirkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Secara struktural, sterol dan stanol mempunyai molekul yang mirip dengan molekul kolesterol.  Jadi, saat mereka masuk ke dalam saluran pencernaan mereka akan menghambat penyerapan kolesterol dalam usus kecil. Oleh karena itu, dengan menyumbat arteri, kolesterol jahat akan langsung dikeluarkan.

Sterol dan stanol yang dikonsumsi selama seminggu terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol hingga 10 persen, sehingga zat ini dianggap paling efektif untuk menurunkan kolesterol, apalagi mereka tidak akan mempengaruhi kolesterol HDL. 

Jadi, seberapa amankah sterol dan stanol? Halaman berikut penjelasan selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Sterol dan Stanol, Si Penurun Kolesterol

Sterol dan stanol telah diteliti secara menyeluruh dan disetujui untuk dijual sebagai suplemen. Mereka juga dapat ditambahkan ke dalam makanan lainnya, seperti margarin, jus jeruk, dan yoghurt. Para ahli merekomendasikan 2 gram sehari untuk membantu menurunkan kolesterol LDL. Dan karena zat ini bekerja dengan cara yang berbeda, sterol dapat digunakan secara efektif bersama statin atau fibrat untuk menghasilkan manfaat tambahan.

0 Komentar

Belum ada komentar