Sukses

Bisakah Penyakit Jantung Disembuhkan?

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Banyak orang telah melakukan berbagai cara untuk penyembuhannya, mulai dari mengonsumsi kulit manggis hingga operasi.

KlikDokter.com - Penyakit jantung masih menjadi momok yang begitu menakutkan, apalagi serangannya kadang mendadak dan menyebabkan kematian. Namun jangan khawatir, jika ditangani secara tepat penyakit jantung sangat dapat disembuhkan. Pemulihannya bisa dilakukan dengan berbagai cara, yakni dengan prosedur bedah ataupun nonbedah. Berikut penjelasan lengkapnya:  

  1. Angioplasty

Angioplasty merupakan prosedur nonbedah untuk pembebasan arteri koroner yang menyempit. Perangkat tipis berupa tabung fleksibel dengan balon dimasukkan melalui pembuluh darah ke arteri koroner yang menyempit atau tersumbat.

Setelah itu, balon akan mengembang untuk mengompresi plak di dinding arteri. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan aliran darah melalui arteri. Selama prosedur, dokter dapat menempatkan stent (sebuah tabung kecil yang berbentuk seperti anyaman jala) di arteri. Stent membantu mencegah penyumbatan di arteri setelah prosedur angioplasty dilakukan.

Selain itu, terdapat penanganan sakit jantung lainnya. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Bisakah Penyakit Jantung Disembuhkan?

Nutrive Benecol

  1. Coronary Artery Bypass Surgery (CABG)

CABG adalah jenis operasi. Dalam CABG, arteri atau vena dari daerah lain pada tubuh Anda digunakan untuk memotong arteri koroner Anda yang menyempit. CABG dapat meningkatkan aliran darah ke jantung Anda, mengurangi rasa sakit dada, dan mencegah serangan jantung.

  1. Rehabilitasi Jantung

Hampir semua orang yang memiliki penyakit jantung koroner bisa mendapatkan keuntungan dari rehabilitasi jantung. Rehabilitasi jantung adalah program yang diawasi secara medis untuk membantu meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan orang-orang yang memiliki masalah jantung. Tim rehabilitasi jantung di antaranya dokter, perawat, ahli olahraga, ahli gizi, psikolog atau spesialis kesehatan mental lainnya.

Rehabilitasi jantung memiliki dua bagian, yakni:

  1. Pelatihan olahraga. Bagian ini dapat membantu Anda untuk belajar bagaimana berolahraga dengan aman, memperkuat otot-otot, dan meningkatkan stamina. Latihan akan didasarkan pada kemampuan pribadi, kebutuhan, dan kepentingan.
  2. Pendidikan, konseling, dan pelatihan. Bagian ini dapat membantu Anda untuk memahami kondisi jantung Anda serta menemukan cara untuk mengurangi risiko masalah jantung di masa depan. Tim rehabilitasi juga akan membantu Anda untuk belajar mengatasi stres dan menyesuaikan diri. 

1 Komentar

  • Yulianti Wulan

    Artikel yang di bagikan bagus, akan tetapi alangkah lebih baik jika di tuliskan daftar pustaka agar kita dapat membaca lebih lanjut terkait artikel yang dibagikan. terimakasih.