Sukses

5 Cara Menanamkan Kebiasaan Makan Sehat untuk Anak

Berikut saran dari dr. Citra Roseno untuk membiasakan pola makan yang sehat untuk anak.

KlikDokter.com - Bagaimana mengetahui bahwa gizi anak Anda sudah tercukupi? Salah satu indikatornya adalah pola makan yang baik dan sehat. Menerapkan kebiasaan makan yang baik perlu dilakukan sedini mungkin agar anak dapat bertumbuh kembang secara optimal, serta agar kebiasaan tersebut dapat berlanjut hingga ia dewasa nanti.

Berikut adalah kebiasaan makan yang mudah untuk diterapkan, sekaligus sebagai tanda gizi anak tetap terjaga:

1. Sediakan menu sehat yang bervariasi

Selalu sediakan makanan sehat di rumah seperti protein hewani rendah lemak; nasi, sereal, atau roti gandum; buah dan sayur berwarna terang di rumah. Hindari menambahkan garam ke makanan anak karena sistem pencernaannya masih rapuh.

2. Makan dengan perlahan

Ajarkan anak makan secara perlahan dan tidak terburu-buru, agar tubuhnya dapat mendeteksi dengan baik kapan ia masih lapar atau justru sudah kenyang. Tunggu setidaknya 15 menit sebelum menawarkan porsi tambahan. Dengan begitu, anak akan makan sesuai dengan porsinya dan terhindar dari risiko kegemukan.

3. Buat jadwal makan yang teratur

Biasakanlah memberikan makan anak secara teratur pada jam-jam yang telah ditentukan, agar sistem pencernaannya lancar. Selain itu, atur waktu pemberian makanan dan ASI. Jangan memberikan ASI mendekati jam makan, karena akan memberikan efek kenyang yang lama.

Berikut kebiasaan makan lainnya yang mudah untuk diterapkan, selengkapnya di halaman selanjutnya:

1 dari 2 halaman

5 Cara Menanamkan Kebiasaan Makan Sehat untuk Anak

Bayi Sehat Milna

4. Berikan makanan baru

Ketika orangtua memberikan makanan baru kepada anak, ia mungkin akan menolak. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda memperkenalkan hanya satu jenis makanan pada satu waktu. Sajikan makanan baru ini dengan makanan lain yang sangat disukai anak, atau saat suasana hatinya sedang gembira. Biarkan anak ‘menyelidiki’ makanan barunya dengan mencium dan menyentuhnya. Dorong anak untuk mencoba gigitan pertamanya tetapi jangan memaksa. Anda tak perlu putus asa jika anak menolaknya, cobalah pada lain kesempatan.

5. Makan sambil duduk

Jangan memberikan anak makan sambil berjalan-jalan. Dudukkan anak di highchair atau suatu tempat hingga ia selesai makan. Hal ini berguna agar nantinya anak menghargai makanan dan menghargai kegiatan makan sebagai suatu aktivitas.

Selama anak bertumbuh kembang sesuai usianya, maka kebutuhan gizinya pun tercukupi. Apabila Anda memiliki kesulitan dalam menerapkan kebiasaan makan yang sehat bagi anak Anda, konsultasikan hal tersebut dengan ahli nutrisi atau dokter anak Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar