Sukses

Menghadapi Si Kecil yang Sering Mengemut Makanan

Mengemut menyimpan bahaya terhadap kesehatan gigi dan mulut. Berikut saran dari dr. Citra Roseno untuk mengatasinya.

KlikDokter.com – Apakah anak Anda tergolong lama untuk menghabiskan suatu makanan, karena ia sering kali mengemut makanan yang telah disuapkan? Jika jawabannya ‘Ya’, hal ini dapat menandakan adanya masalah pada kesehatannya atau merupakan bagian dari berkembangnya pola makan Si Kecil.

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan orangtua adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebab Si Kecil mengemut makanannya.

Beberapa penyebab tersebut di antaranya:

  1. Lidah belum terampil mengolah makanan
  2. Terlalu banyak tekstur makanan dalam satu suapan, sehingga ia kesulitan memilah makanan yang ada di dalam mulut
  3. Trauma karena dipaksa untuk makan
  4. Bosan dengan jenis makanan yang diberikan
  5. Gangguan saluran pencernaan, sehingga ia merasa tidak nyaman untuk menelan makanan.
  6. Masalah gigi dan mulut. Hal ini dapat berupa gigi yang sedang tumbuh, gigi berlubang, atau sariawan. Proses mengunyah makanan dapat membuat anak merasa sakit sehingga ia memilih mendiamkan makanannya di dalam mulut.
  7. Gangguan persepsi sensorik. Dapat berupa gangguan persepsi menelan makanan maupun berupa kurangnya sensitivitas terhadap makanan, dimana anak menjadi kurang peka atau kurang merasakan adanya makanan di dalam mulut.

Ketika Si Kecil mulai mengemut makanannya, Anda dapat mencoba kiat berikut ini yang dijelaskan selengkapnya di halaman sel;anjutnya:

1 dari 2 halaman

Menghadapi Si Kecil yang Sering Mengemut Makanan

Bayi Sehat Milna

Ketika Si Kecil mulai mengemut makanannya, Anda dapat mencoba kiat berikut ini:

  1. Siapkan makanan dalam bentuk potongan yang mudah dikunyah. Hal ini ditujukan untuk mempermudah anak mengunyah makanan.
  2. Berikan makanan yang bervariasi, dari segi tekstur, rasa, dan suhu makanan, sehingga lidahnya terbiasa dengan beragam makanan. Lakukanlah secara bertahap.
  3. Jaga kebersihan gigi dan mulut anak. Ketika menggosok gigi, bersihkan juga bagian atas dan sisi lidah secara perlahan.

Konsultasikan dengan dokter anak Anda apabila Si Kecil masih mengemut makanan atau mengalami kesulitan makan lainnya.

0 Komentar

Belum ada komentar