Sukses

Lawan Kolesterol dengan 5 Cara Ini

Obat-obatan penting untuk menurunkan kadar kolesterol, begitu juga dengan lima kiat ini!

KlikDokter.com – Telah diketahui, kolesterol tinggi memiliki peran vital dalam meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Anda memang dapat menurunkan kadar kolesterol dengan obat-obatan, tetapi penting sekali bagi Anda untuk melakukan perubahan gaya hidup juga.

Perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi kolesterol, menjaga Anda dari obat penurun kolesterol atau meningkatkan efek obat Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Berikut adalah lima perubahan gaya hidup untuk Anda mulai:

  1. Memilih lemak yang sehat

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan LDL. Makanan tersebut di antaranya adalah daging merah, margarin, kue, dan lainnya. Sebaliknya, pilihlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti yang terkandung dalam minyak zaitun, minyak jagung, kacang-kacangan, dan lainnya.

Berikut kiat lainnya untuk mengendalikan kolesterol, selengkapnya di halaman berikutnya.

1 dari 2 halaman

Lawan Kolesterol dengan 5 Cara Ini

Nutrive Benecol

  1. Menghilangkan lemak trans

Lemak trans mempengaruhi kadar kolesterol dengan meningkatkan kolesterol "jahat" dan menurunkan kolesterol "baik". Kombinasi buruk ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Lemak trans dapat ditemukan dalam makanan yang digoreng, kerupuk, dan kue ringan.

  1. Mengonsumsi asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 tidak mempengaruhi kolesterol LDL karena bermanfaat untuk kesehatan jantung, seperti membantu meningkatkan kolesterol HDL, mengurangi trigliserida (sejenis lemak dalam darah), dan menurunkan tekanan darah. Beberapa jenis ikan kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon, makerel, dan herring. Sumber lain dari asam lemak omega-3 adalah kenari dan almon.

  1. Meningkatkan serat larut

Ada dua jenis serat yakni serta larut dan serat tidak larut. Keduanya sangat  baik untuk kesehatan jantung. Anda dapat menambahkan serat larut untuk diet Anda dengan mengonsumsi gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran.

  1. Menambahkan whey protein

Whey protein adalah salah satu dari dua protein dalam produk susu -- yang lainnya adalah kasein. Penelitian menunjukkan bahwa whey protein yang diberikan dalam bentuk suplemen dapat menurunkan LDL dan kolesterol total.

0 Komentar

Belum ada komentar