Sukses

8 Daftar Makanan untuk Menghindari Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat dihindari dengan mengonsumsi makanan sehat. Apa saja makanan-makanan tersebut? Baca selengkapnya di sini!

KlikDokter.com - Sensasi makan makanan berlemak merupakan hal yang luar biasa bagi penikmat kuliner, namun bisa saja kebiasaan ini menjadi pengintai yang bisa merenggut nyawa Anda. Apalagi jika Anda mengidap kolesterol, maka disarankan bagi Anda untuk lebih cermat dalam memilih makanan. Berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak:

  1. Batasi lemak jenuh seperti mentega, lemak babi, minyak kelapa, dan minyak kelapa. Sebaliknya, gunakan margarin atau minyak nabati yang lembut, seperti minyak zaitun

  2. Hindari lemak trans atau minyak sayur terhidrogenasi. Minyak ini ditemukan dalam beberapa margarin yang belum diolah, seperti kerupuk, kue, dan makanan kaleng.

  3. Batasi daging berlemak seperti kornet, pastrami, tulang rusuk, daging sapi, hot dog, sosis, bacon, dan daging olahan. Juga batasi daging organ dalam seperti hati dan ginjal. Ganti dengan daging ayam tanpa kulit atau kalkun, daging sapi tanpa lemak, daging sapi muda, domba, dan ikan.

  4. Batasi daging, unggas, dan ikan tidak lebih dari dua porsi atau 140 g sehari.

  5. Batasi kuning telur karena mengandung kolesterol yang begitu tinggi dalam per gram ukurannya.

Berikut daftar kiat lainnya yang dapat membantu Anda untuk mengatur kadar kolesterol, selengkapnya di halaman berikutnya.

1 dari 2 halaman

8 Daftar Makanan untuk Menghindari Kolesterol Tinggi

Nutrive Benecol

  1. Batasi produk susu yang mengandung lebih dari 1% lemak susu. Ini termasuk krim dan keju.

  2. Alih-alih menggunakan mentega atau margarin pada roti, cobalah menngonsumsi roti dengan olesan minyak zaitun.

  3. Hindari makanan cepat saji seperti hamburger, kentang goreng, dan ayam goreng. Ketika Anda makan di luar, pilihlah ayam tanpa kulit, salad dengan saus rendah lemak, dan makanan yang tidak digoreng. 

0 Komentar

Belum ada komentar