Sukses

7 Manfaat Pelukan Bagi Si Kecil

7 Manfaat Pelukan Bagi Si Kecil. Sudahkah Bunda dan Ayah memeluk Si Kecil hari ini? Karena pelukan ternyata tidak sekadar memberikan makna kasih sayang, tapi juga kesehatan. Berikut penjelasan dr. Karin Wiradarma selengkapnya di sini.

KlikDokter.com - Pelukan merupakan tindakan yang dilakukan untuk mengekspresikan rasa sayang dan ingin melindungi. Selain menunjukkan rasa cinta dan mempererat hubungan Bunda dan Ayah  dengan Si Kecil, di balik pelukan ternyata juga tersimpan manfaat kesehatan yang tidak kalah pentingnya.

Begitu pentingnya manfaat pelukan, sampai-sampai beberapa rumah sakit di Amerika menganjurkan agar orangtua memberikan pelukan bagi bayi mereka yang sedang dirawat di ruang perawatan intensif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pelukan yang diberikan orangtua secara teratur terbukti dapat memperbaiki tanda-tanda vital sang bayi.

Apa saja manfaat dari sebuah pelukan? Mari simak penuturan berikut ini.

  1. Pelukan dapat meningkatkan hormon oksitosin (hormon yang dilepaskan saat seseorang merasa rileks dan bahagia) yang dapat mengobati rasa kesepian dan amarah. Selain itu, hormon serotonin yang dapat meningkatkan mood dan kebahagiaan pun meningkat. Sebaliknya, pelukan juga dapat menurunkan hormon kortisol (hormon yang dilepaskan saat seseorang dalam keadaan stres dan tertekan).
  2. Pelukan dapat menurunkan perasaan cemas dan gelisah. Anak yang sering dipeluk juga terbukti memiliki sifat agresif yang lebih rendah.
  3. Pelukan dapat meningkatkan perasaan aman dan kepercayaan. Dengan memeluk Si Kecil, ia akan lebih mudah terbuka dan berbagi dengan Bunda. Komunikasi Bunda dan Ayah dengan Si Kecil  pun berjalan lebih lancar.
  4. Pelukan dapat meningkatkan rasa percaya diri Si Kecil, karena ia merasa dirinya disayangi dan berharga di mata Bunda dan Ayahnya.
  5.  Pelukan dapat membuat otot-otot yang tegang menjadi lebih rileks dan meringankan rasa sakit. Si Kecil pun menjadi tenang dan dapat tidur dengan lebih nyenyak.
  6. Pelukan mengajarkan kepada Si Kecil untuk saling memberi dan menerima.
  7. Pelukan dapat membantu Si Kecil mengatasi rasa takutnya.

Melihat begitu banyaknya manfaat yang didapat dari sebuah pelukan, tunggu apa lagi, sudahkah Bunda dan Ayah  memeluk Si Kecil hari ini?

0 Komentar

Belum ada komentar