Sukses

Tergila-gila akan Makanan Manis? Ini Tips Menyiasatinya

Sajian makanan penutup memang lezat. Namun dibalik kelezatannya ada bahaya kesehatan yang mengintai. Berikut saran dr. M. Anwar Irzan untuk antisipasi makanan tinggi gula di sini.

KlikDokter.com - Saat ini di Ibukota dan kota-kota besar Indonesia mulai marak tumbuhnya kafe atau restoran yang menyediakan makanan pencuci mulut sebagai salah satu andalan mereka.

Hal ini tentunya membuat kita diberikan godaan beragam pilihan yang luar biasa untuk menyicipinya. Namun tentunya hal ini jika dilakukan secara berlebihan akan membuat gangguan pada keseimbangan gula darah Anda. Berikut cara menyiasatinya:

  1. Konsumsi dalam Jumlah yang Sedikit

Makan dalam jumlah yang sedikit dari apa yang anda idamkan, kue kue dalam jumlah yang sedikit tetap bisa anda nikmati untuk merasakan sensasinya, namun tetap menjaga kalori yang masuk. Tetaplah berpegang pada batasan 150 kalori dalam asupan Anda.

Berikut kiat lainnya untuk makan bergula tinggi tanpa khawatir ancaman risiko kesehatan, pada halaman selanjutnya.

1 dari 2 halaman

Tergila-gila akan Makanan Manis? Ini Tips Menyiasatinya

Diabetasol

  1. Kombinasikan Makanan

Jika ide untuk mengurangi asupan makanan pencuci mulut Anda tampaknya tidak mungkin, Anda masih dapat memuaskan hasrat terhadap makanan manis dengan mengkonsumsi kombinasinya yaitu dengan buah atau almond yang mengandung asam lemak essensial. Dengan melakukan ini Anda dapat tetap memenuhi keinginan dan mendapatkan nutrisi yang sehat dari makanan pencuci mulut.

  1. Konsumsi Buah Sebagai Cemilan

Dengan mengkonsumsi buah sebagai selingan makan, maka Anda akan mendapatkan serat dan nutrisi dalam waktu yang bersamaan dan juga sensasi manis dari buah.

  1. Bangun dan Pergi

Ketika rasa ingin menyantap makanan-makanan manis tersebut mulai timbul, lakukan aktivitas dengan dengan berolahraga, karena biasanya rasa keinginan yang timbul tersebut ada di sore hari, yang mana patut Anda gantikan dengan aktivitas olahraga yang menyehatkan.

  1. Pilih Kualitas daripada Kuantitas

Daripada mengonsumsi makanan manis seperti donat dan kue yang sepertinya ringan namun dalam jumlah yang lebih banyak, Anda bisa menyiasati untuk tetap mengonsumsi makanan manis pencuci mulut seperti cake, namun tidak dalam waktu yang sering

  1. Makan Secara Teratur

Menunggu terlalu lama antara waktu makan dapat membuat Anda cenderung untuk memilih makanan manis, yang akhirnya membuat cenderung lebih lapar. Makan setiap tiga sampai lima jam dapat membantu menjaga gula darah stabil dan membantu Anda menghindari perilaku makan yang tidak baik. Lantas apa yang dapat kita konsumsi di antara jam makan utama? Anda bisa mengkonsumsi makanan tinggi serat sebagai pilihan utama.

Dalam kehidupan perkotaan, berkumpul dengan relasi, teman dan keluarga di tempat-tempat makan menggoda kita untuk selalu mengkonsumsi makanan pencuci mulut yang manis, namun hal tersebut dapat kita siasati dengan melakukan 6 hal diatas.

0 Komentar

Belum ada komentar