Sukses

Cara Mengatasi Sakit Kepala pada Siang Hari

Apakah Anda pernah mengalami sakit kepala yang muncul tiba-tiba ketika sedang bekerja di kantor? Bacalah cara penanggulangannya di sini!

KlikDokter.com – Pernahkah Anda mengalami sakit kepala ketika sedang beraktivitas pada siang hari? Tiba-tiba saja muncul sekitar siang hingga sore, padahal Anda tidak mengonsumsi alkohol, rokok, keju, cokelat, dan obat? Jika pernah, sebenarnya apa yang menyebabkan sakit kepala pada waktu tertentu ini?

Sakit kepala primer, khususnya tipe tension-type headache (TTH), diketahui memiliki fase diurnal. Fase diurnal adalah fase di mana pada suatu waktu tertentu, gejala penyakit lebih baik atau lebih buruk dibandingkan waktu lainnya.

Pada penelitian Kikuchi dkk. disebutkan bahwa sakit kepala tipe TTH memiliki variasi diurnal yang signifikan. Kondisi sakit kepala paling ringan dirasakan pada pagi hari, sedangkan kondisi yang paling beratnya dijumpai pada siang hingga sore hari.

Hal ini tentu akan mengganggu kinerja Anda, bukan? Untuk menangani sakit kepala primer, halaman selanjutnya penjelasannya.

1 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala pada Siang Hari

Matafres-banner-690x150px

Neuralgin Rhema

Anda bisa menggunakan kombinasi antara obat dan bukan obat. Obat yang dapat digunakan antara lain obat golongan NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drugs), seperti ibuprofen, asam mefenamat, dan metampiron yang dapat dibeli secara bebas di apotek. Sedangkan penanganan bukan obat termasuk terapi relaksasi, akupunktur, dan olahraga yang berguna untuk menurunkan ketegangan.

Akupunktur banyak dianjurkan sebagai salah satu terapi dalam penanganan sakit kepala, khususnya tipe TTH. Penelitian yang dilakukan Linde dkk. mengatakan bahwa 50% pasien yang mendapatkan terapi akupunktur yang benar merasakan gejala sakit kepala mereka  berkurang. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih jenis terapi ini. Saat ini banyak jenis akupunktur ditawarkan dan beberapa di antaranya bukan teknik akupunktur yang sebenarnya atau palsu. Untuk mendapatkan teknik akupunktur yang benar, Anda dapat menghubungi dokter spesialis akupunktur.

Penelitian Mongini dkk. menyebutkan mengenai kaitan aktivitas fisik dengan sakit kepala. Ternyata aktivitas fisik dapat menurunkan sakit kepala dan nyeri leher bahu. Maka dari itu, lakukanlah olahraga secara rutin minimal dua kali seminggu.

Konsultasikan keluhan Anda dengan dokter bila sakit kepala tidak membaik setelah melakukan cara-cara di atas.

0 Komentar

Belum ada komentar