Sukses

Hindari Makanan-Makanan Ini Saat Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa bukan berarti Anda dapat sembarangan memilih menu makanan. Kenali jenis makanan berlemak tinggi yang tidak baik bagi kesehatan Anda.

KlikDokter.com - Setelah seharian menahan lapar, saat yang ditunggu-tunggu tentunya adalah waktu berbuka puasa. Namun sering kali karena sudah terlalu lapar, sebagian orang menjadi kalap saat menyantap makanan saat berbuka. Jika sudah demikian, biasanya makanan berlemak dan berkalori tinggilah yang dipilih.

Bayangkan jika setiap berbuka Anda mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan kalori tersebut. Jangan sampai bukannya mendapatkan tubuh yang lebih sehat, selepas lebaran Anda malah dirundung berbagai macam masalah kesehatan seperti kolesterol, hipertensi, dan diabetes karena pola makan yang kurang tepat.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengenali jenis makanan berlemak tinggi yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari oleh Anda ketika berbuka puasa:

1 dari 2 halaman

Hindari Makanan-Makanan Ini Saat Berbuka Puasa

Nutrive Benecol

Lemak Jahat

Makanan yang mengandung lemak jahat di antaranya adalah mentega, bacon, minyak kelapa sawit, minyak kelapa, dan santan. Sebagai gantinya, gunakan minyak sayur, minyak zaitun, atau minyak jagung yang lebih menyehatkan.

Daging Berlemak

Contoh daging berlemak adalah kornet sapi, iga sapi, steak, sosis, bacon, dan daging olahan. Selain itu, batasi juga konsumsi jeroan seperti paru, limpa, hati, ginjal, dan otak. Anda bisa menggantinya dengan daging yang lebih rendah komposisi lemaknya, seperti ayam atau kalkun tanpa kulit, daging sapi bebas lemak (lean beef), sapi muda, dan ikan.

Makanan Laut

Ikan memang baik untuk kesehatan. Namun ada beberapa jenis makanan laut yang harus dibatasi karena mengandung tinggi lemak, seperti lobster, udang, dan cumi-cumi.

Gorengan

Walaupun rasanya sangat nikmat, tahanlah diri untuk mengurangi konsumsi makanan atau kudapan yang digoreng. Sebagai gantinya, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang ditumis, direbus, dikukus, atau dipanggang.

Kudapan

Anda tidak boleh lupa diri ketika mengonsumsi kudapan yang terlihat menggiurkan, seperti kerupuk, muffin, roti, dan beragam jenis kue, karena makanan tersebut kebanyakan dibuat dari lemak jenuh.

Produk Susu

Batasi susu dan produk turunannya yang mengandung lebih dari 1% lemak. Produk yang termasuk ke dalamnya adalah krim, keju, dan es krim.

Makanan Cepat Saji

Anda harus membatasi konsumsi hamburger, kentang goreng, ayam goreng, dan sejenisnya. Menu makanan di restoran cepat saji umumnya mengandung banyak lemak, terutama lemak jenuh. Jika Anda ingin makan di restoran tersebut, makanlah ayam goreng tanpa kulitnya. 

0 Komentar

Belum ada komentar