Sukses

Makan Kacang Bisa Bikin Jerawatan?

Kacang selalu diidentikkan dengan kemunculan jerawat. Tak heran bila ada beberapa orang yang menghindari kacang demi memiliki kulit wajah yang mulus. Benarkah hal ini, atau sekadar mitos?

KlikDokter.com – Jerawat merupakan penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun pada pori-pori dan kelenjar lemak kulit yang ditandai dengan adanya komedo dan benjolan peradangan pada tempat-tempat tertentu.

Biasanya muncul pada wajah, bahu, dada bagian atas, dan punggung bagian atas. Kadang-kadang terdapat juga pada leher, lengan atas, dan bokong.

Usia, faktor keturunan, dan cuaca secara tidak langsung dapat memicu terjadinya jerawat. Bagaimana dengan makanan, dalam hal ini adalah kacang?

Protein dan lemak yang tinggi pada kacang termasuk sulit dicerna. Jika protein dan lemak ini tidak tercerna dengan baik, sistem kekebalan tubuh dapat membuat antibodi yang dapat menyebabkan peradangan pada kelenjar sebaceous dan menimbulkan jerawat. Apabila kondisi kulit Anda memburuk setelah makan kacang, pilihlah kacang panggang ketimbang kacang mentah karena proses pemanggangan akan menguraikan banyak protein di dalamnya. Pilihan lain adalah dengan merendam kacang sebelum dikonsumsi untuk membantu memperlancar pencernaan.

Jerawat juga dapat muncul karena alergi. Berikut penjelasan selengkapnya di halaman berikut:

1 dari 2 halaman

Makan Kacang Bisa Bikin Jerawatan?

H2 Health & Happiness

Bila Anda menduga jerawat Anda berasal dari kacang, cobalah berhenti mengonsumsi kacang selama 1-2 bulan kemudian lihat perubahannya.

Pengaruh makanan terhadap jerawat memang masih banyak diperdebatkan dan sering kali ditemukan hasilnya berbeda pada setiap individu. Namun jika Anda meyakini bahwa kacang merupakan biang keladi jerawat Anda, maka sebaiknya Anda mengurangi kacang-kacangan dalam menu dan mulai mengonsumsi makanan rendah lemak lebih banyak.

0 Komentar

Belum ada komentar