Sukses

9 Penyebab Obesitas

Obesitas merupakan masalah yang sangat merisaukan di dalam masyarakat. Penyebabnya, mulai dari gaya hidup sampai genetik.

Slim & Fit

KlikDokter.com - Obesitas dapat terjadi ketika makanan dan minuman yang Anda mengandung kalori lebih banyak dibandingkan pembakarannya melalui olahraga atau aktivitas sehari-hari. Tubuh Anda akan menyimpan kalori tambahan tersebut sebagai lemak. Beberapa faktor lain yang dapat menjadi penyebabnya adalah:

1. Kurangnya aktivitas fisik

Jika Anda malas bergerak, maka tubuh Anda pun akan membakar kalori lebih sedikit. Terlebih lagi dengan kemajuan teknologi, manusia lebih dimanja dan menjadi malas untuk menggerakkan tubuh.

2. Pola makan yang tidak sehat

Pola makan yang tinggi kalori, sedikit buah dan sayuran, junk food, sering melewatkan sarapan atau minum minuman yang tinggi kalori dapat menyebabkan terjadinya obesitas.

3. Kurang tidur

Jumlah waktu istirahat yang kurang dapat menyebabkan perubahan dan gangguan fungsi hormon yang mengatur nafsu makan Anda. Hal ini dapat menyebabkan Anda menjadi "lapar mata" dan ingin mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan karbohidrat.

4. Obat-obatan tertentu

Pengggunaan obat-obatan tertentu dapat meningkatkan berat badan seperti pada obat kejang, diabetes, anti psikotik, kotikosteroid atau beta bloker.

5. Kondisi medis

Obesitas seringkali dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit tertentu, misalnya Cushing's syndrome. Selain itu kondisi medis seperti arthritis juga dapat menyebabkan aktivitas fisik berkurang dan berujung pada obesitas.

Halaman selanjutnya 4 penyebab seseorang kegemukan lainnya:

1 dari 2 halaman

9 Penyebab Obesitas

Slim & Fit

6. Genetik

Gen dalam tubuh Anda dapat mempengatuhi jumlah lemak yang disimpan dan distribusi lemak dalam tubuh. Selain itu, genetik juga berperan menentukan seberapa efektif tubuh Anda dalam mengubah makanan menjadi energi dan pembakaran kalori selama berolahraga.

7. Gaya hidup keluarga

Bila banyak anggota keluarga yang mengalami obesitas, maka anggota keluarga lainnya cenderung mengalami hal yang sama. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh karena faktor genetik. Namun keluarga yang tinggal satu rumah cenderung memiliki pola makan, gaya hidup, dan aktivitas fisik yang sama.

8. Kehamilan

Selama hamil, berat badan seorang wanita pasti akan mengalami peningkatan. Beberapa wanita cenderung sulit untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Hal ini memicu timbulnya obesitas di kalangan wanita.

9. Usia

Obesitas dapat terjadi pada usia berapapun, bahkan pada anak kecil sekali pun. Namun seiring dengan usia, tubuh Anda akan mengalami perubahan hormonal dan aktivitas fisik akan menurun dan hal ini dapat meningkatkan risiko obesitas. Selain itu massa otot Anda juga akan mengalami penurunan. Massa otot yang berkurang akan menyebabkan penurunan metabolisme.

Meskipun Anda memiliki satu atau lebih faktor risiko di atas, janganlah berkecil hati. Bukan berarti Anda ditakdirkan untuk menjadi obesitas. Anda dapat "melawan" faktor-faktor tersebut melalui mengatur pola makan, aktivitas fisik, berolahraga, dan mengubah gaya hidup. 

0 Komentar

Belum ada komentar