Sukses

5 Manfaat Kesehatan Si Kecil Jika Makan Malam Bersama Keluarga

5 Manfaat Makan Malam Bersama Keluarga Bagi Si Kecil. Kebiasaan makan malam pun memiliki dampak positif kepada anak. Penelitian membuktikan bahwa anak yang terbiasa makan malam bersama keluarga memiliki ketahanan tubuh yang baik. Berikut manfaat lain maka

Klikdokter.com - Tradisi makan malam bersama keluarga kini perlahan-lahan mulai menghilang. Kapan terakhir Anda makan bersama anak? Kemarin? Seminggu lalu? Sebulan lalu? Atau sudah lupa? Dengan jadwal kegiatan yang makin pada, waktu tempuh di jalan yang makin lama dan di tambah dengan adanya gadget di dalam keluarga. Meskipun duduk bersama dalam satu meja, terkadang anggota keluarga sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Terkadang kita lupa kalau tujuan makan malam bersama adalah berkomunikasi.

Padahal banyak sekali manfaat yang bisa diambil pada saat makan malam bersama. Antar anggota keluarga bisa semakin dekat. Dan makan malam bersama pun tidak harus setiap hari. Yang penting rutin. Sekali seminggu, lalu menjadi dua atau tiga kali seminggu. Intinya kita  jadikan makan malam jadi kebiasaan.

Kebiasaan makan malam pun memiliki dampak positif kepada anak. Penelitian membuktikan bahwa anak yang terbiasa makan malam bersama keluarga memiliki ketahanan tubuh yang baik. Berikut manfaat lain makan malam bersama anak:

1 dari 3 halaman

5 Manfaat Kesehatan Si Kecil Jika Makan Malam Bersama Keluarga

  1. Mencegah Obesitas
    Tanpa disadari, makan malam sendirian berdampak negatif. Kita tidak tahu apa yang kita makan. Yang penting makan secepat mungkin dan sekenyang mungkin. Ketika makan malam bersama, orangtua dapat menyajikan makanan sehat dan bergizi.

  2. Terbiasa Makan Makanan Sehat
    Sajikan makanan sehat ketika makan malam, seperti buah atau sayur yang mengandung kaya vitamin dan gizi. Orangtua pun bisa mengajarkan anak tentang pentingnya makanan sehat agar anak terbiasa.

  3. Jauh dari Junk Food
    Makan malam bersama hendaknya dilakukan di rumah. Supaya makanan yang disaji di meja bisa diperhatikan gizinya. Terbukti dari sebuah penelitan bahwa anak-anak dari keluarga yang memiliki makan malam bersama jarang makan junk food dan soft drink.

2 dari 3 halaman

5 Manfaat Kesehatan Si Kecil Jika Makan Malam Bersama Keluarga

  • Memiliki Pola Makan yang Baik
    Makan malam bersama di rumah artinya kita bisa mengatur porsi yang sehat. Kalau di restoran, terlebih restoran fast food, kita tidak tahu berapa nutrisi dan gizi di dalam porsi makanannya. Anak pun jadi tidak makan berlebihan sehingga ketika dewasa, mereka akan terbiasa memiliki pola makan yang baik.

  • Memiliki Prestasi yang Lebih Baik di Sekolah
    Inti dari makan malam bersama adalah sebagai sarana komunikasi dan edukasi serta meningkatkan hubungan emosional antar keluarga. Antara keluarga jadi lebih hangat. Anak jadi merasa nyaman dalam suasana cair sehingga otak pun jadi mudah berpikir. (Baca: Bagaimana Mengajarkan Anak untuk Berkonsentrasi?)

  • Ini adalah beberapa manfaat makan malam keluarga bersama anak. Jadi mari kita mulai  prioritaskan makan malam di jadwal keluarga mulai sekarang.

     

    Baca juga:

    Bagaimana Mengajarkan Anak untuk Berkonsentrasi?

    Kreatif Dalam Membuat Anak Belajar Tanpa Merasa Diajar

     

    0 Komentar

    Belum ada komentar