Sukses

Batasi Gula Jika Tidak Mau 3 Hal Ini Muncul!

Mengapa Anda harus membatasi asupan gula dalam konsumsi sehari-hari? Berikut penjelasan dr. Muhammad Anwar Irzan di sini.

KlikDokter.com - Gula adalah sumber karbohidrat alami yang mengandung kalori dan dapat meningkatkan kadar gula darah. Dapat ditemukan pada gula merah, gula pasir, gula tebu, fruktosa (buah-buahan), dan madu. Penelitian menunjukkan bahwa selain menjadi penyebab utama kerusakan gigi, terlalu banyak gula dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan lain seperti:

1. Obesitas

Makanan yang tinggi gula mengandung lebih banyak kalori dan miskin unsur nilai gizi lainnya. Oleh karena itu, makan terlalu banyak gula dapat menyebabkan penambahan berat badan. Beberapa studi telah mengakui hubungan antara kelebihan konsumsi gula dan obesitas. Sebagai contoh, Nurses’ Health Study II menemukan bahwa kenaikan berat badan selama empat tahun ditemukan paling tinggi pada wanita yang konsumsi minuman bersodanya lebih tinggi hingga 3 sampai 4 kali lipat.

1 dari 2 halaman

Batasi Gula Jika Tidak Mau 3 Hal Ini Muncul!

Diabetasol

2. Kencing Manis

Studi yang sama juga menemukan bahwa konsumsi gula berlebih menyebabkan peningkatan risiko diabetes. Nurses 'Health Study menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi satu atau lebih minuman soda per hari memiliki 83 persen peningkatan risiko diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu minuman tersebut per bulan.

3. Kekurangan Gizi

Gula sangat buruk bagi anak-anak dan remaja yang membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan. Sebagai contoh, jika seorang anak lebih memilih soda ketimbang susu dan tidak diimbangi dengan olahraga cukup serta aneka makanan bergizi, ia bisa kekurangan vitamin D dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Sayangnya, orang-orang yang mencoba untuk hidup lebih sehat dengan memilih produk bebas lemak ataupun rendah lemak sering menebus rasa lapar mereka dengan mengonsumsi gula berlebih, jadi tunggu apa lagi? Batasi konsumsi gula Anda sekarang!

0 Komentar

Belum ada komentar