Sukses

Bolehkah Anak-anak Memutihkan Gigi?

Banyak orang dewasa yang melakukannya, tetapi bagaimana dengan anak-anak? Simak penjelasan drg. Arni Maharani disini selengkapnya.

KlikDokter.com – Metode dental bleaching atau pemutihan gigi memang memiliki beberapa keuntungan dari segi estetika karena tidak mengambil jaringan keras gigi. Selain itu, teknik perawatannya pun relatif lebih mudah dibandingkan dengan pembuatan suatu mahkota tiruan. Bleaching dapat dilakukan pada gigi vital maupun gigi non vital yang mengalami perubahan warna.

Banyak orang dewasa yang melakukannya, tetapi bagaimana dengan anak-anak? Apakah anak-anak memiliki risiko jika mereka memutuskan untuk memutihkan gigi?

Salah satu bahan aktif pemutih gigi, hidrogen peroksida, ditemukan dalam lingkungan dan tubuh manusia, bahkan digunakan dalam pengolahan makanan serta minuman seperti jus buah, anggur, dan kopi. Meski hidrogen peroksida dianggap aman dan efektif dalam dunia kedokteran gigi sebagai pemutih gigi untuk orang dewasa, namun studi mengenai keamanannya untuk anak-anak terbilang masih kecil.

1 dari 2 halaman

Memutihkan Gigi Pada Anak

Oleh sebab itu, pemakaian hidrogen peroksida dalam konsentrasi tinggi harus dihindari karena akan membuat gigi anak menjadi sensitif (meski efek akan menghilang dalam waktu 24 jam setelah proses pemutihan gigi). Bahan yang terbaik untuk pemutihan gigi pada anak-anak yaitu bahan dengan konsentrasi rendah, misalnya carbamide peroksida 10% dan dengan menggunakan sendok cetak pemutih gigi.

Proses pemutihan gigi sebaiknya hanya dilakukan oleh dokter gigi. Tidak disarankan untuk melakukan pemutihan gigi diluar klinik atau home bleaching. Selain itu, riwayat kesehatan orangtua juga patut dievaluasi dengan cermat demi meminimalisir kemungkinan risiko yang terjadi.

0 Komentar

Belum ada komentar